Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
red ocan vs blue ocean

Red Ocean vs Blue Ocean

Red Ocean dan Blue Ocean dua metode atau teknik dalam memperebutkan calon customer yang sangat sempit dikarenakan banyaknya persaingan bisnis.

Saat ini merupakan era dimana teknologi menjadi kendali penuh untuk melakukan pemasaran ke semua segment, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua dan kakek nenek. Teknologi dapat membantu kita untuk mengetahui target mana yang bisa kita jangkau untuk bisnis kita. kamu bisa belajar sales funnel disini. tapi persoalan yang berat adalah persaingan bisnis yang semakin banyak, perang harga dimana-mana, ditambah dengan adanya social media dan marketplace membuat semua orang mendadak menjadi pengusaha. Kondisi ini bisa membuat para penjual saling berebut pembeli dengan cara apapun. inilah yang dikenal dengan nama red ocean oleh banyak pebisnis.

Apa itu Red Ocean Strategy?

Seperti yang sedikit dijelaskan diatas, Red Ocean merupakan kondisi dimana lebih dari satu industri/bisnis merebutkan pasar/market yang sama. Semakin banyak kompetitor akan semakin sulit untuk mendapatkan pembeli. Hal ini yang memaksa pebisnis yang lain untuk memikirkan nilai pembeda dari produk yang lain. Bahkan jika tidak bisa memiliki nilai yang berbeda dengan produk yang lain mereka mau tidak mau harus menurunkan biaya produksi guna mendapatkan harga jual yang lebih murah.

Contoh : di kantor mu ada 1 kantin yang menjual nasi pecel, kemudian di tahun berikutnya ada kompetitor lain yang menjual nasi pecel, belum sampai 2 bulan ada 2 pedagang nasi pecel di depan dan samping kantor. total penjual nasi pecel menjadi 4 orang.

Apa itu Blue Ocean Strategy?

Blue Ocean strategy adalah salah satu cara untuk keluar dari ramainya kompetisi di dalam Red Ocean, Strategy Blue Ocean adalah cara untuk menciptakan nilai atau fitur baru agar bisa keluar dari persaingan yang berdarah-darah, dengan begitu kamu akan mendapatkan ruang yang kosong dan bisa menggali potensi dari ruang yang baru untuk mendapatkan keuntungan.

Penerapan strategi blue ocean ini sudah dilakukan oleh perusahaan start-up yaitu Gojek, gojek mampu memberikan nilai yang berbeda kepada layanannya dengan memanfaatkan teknologi dimana saat itu angkot, bus, ojek pengkolan, masih menggunakan cara yang lama.

Inti dari blue ocean dan red ocean adalah

Blue Ocean = segment market yang tidak banyak diketahui orang atau kompetitor, sehingga menghasilkan sedikit persaingan bisnis.

Red Ocean = Segment market yang sudah dipenuhi kompetitor, dimana cenderung menghabiskan banyak uang untuk biaya iklan, diskon, dan perang harga.

Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean

Blue OceanRed Ocean
Menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya.Bersaing dalam ruang pasar yang sudah ada.
Menjadikan kompetisi tidak relevan.Memerangi kompetisi.
Menciptakan dan menangkap permintaan baru.Mengeksploitasi permintaan yang ada.
Mendobrak pertukaran nilai-biayaMemilih antara nilai-biaya (value cost trade-off)
Memadukan keselurahan sistem kegiatan perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah.Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dengan pilihan strategis antara diferensiasi atau biaya rendah.
Sumber Tabel: Kim & Mauborgne (2005)\

Kalo kamu disuruh memililh mau masuk Red Ocean atau Blue Ocean?

Mau masuk red ocean atau blue ocean, pahami karakteristik pesaing dan segment market mu untuk mengetahui efektifitas dan peluang bisnismu.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya