Panduan Pemula Langkah-demi-Langkah Untuk Copywriting yang Efektif

Panduan Pemula Langkah-demi-Langkah Untuk Copywriting yang Efektif

Panduan Pemula Langkah-demi-Langkah Untuk Copywriting yang Efektif – Halo yapers, selamat datang di blog aplikasi kasir pemilik usaha. Copywriter dibutuhkan oleh semua bisnis dan industri terlepas dari ukuran dan sektornya. Hal ini karena copywriting merupakan bentuk periklanan yang lebih efektif daripada iklan tidak langsung dan pemasaran digital. 

Ini juga menjadi alasan meningkatnya permintaan copywriter saat ini. Copywriting adalah keterampilan yang dapat dikuasai oleh siapa saja dan semua orang, baik itu lulusan baru yang ingin memulai karir mereka atau pebisnis yang mencoba meningkatkan omsetnya.  

Jika Anda ingin menjadi copywriter atau hanya ingin belajar Copywrite, kami mencantumkan panduan langkah demi langkah untuk hal yang sama.

1. Baca, baca, baca

Menulis dan membaca berjalan beriringan. Pasalnya, ketika membaca, Anda mengamati dan mempelajari bagaimana pikiran, pesan, dan pendapat disampaikan. Ini membantu saat menulis – terutama karena Anda akan tahu persis kata-kata apa yang cocok dengan kalimat dan membuatnya menarik. Membaca membantu meningkatkan keterampilan bahasa, sehingga meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal Anda. 

2. Kenali klien Anda, produk, dan layanan mereka

Ketika Anda mendapatkan tugas baru, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset mendalam. Mengetahui klien Anda akan membantu Anda menulis salinan yang efektif dan terinformasi dengan baik, mengingat Anda akan mewakili klien tersebut. Kenali bisnis mereka, tujuan, visi, dan misi mereka. Lakukan riset menyeluruh tentang layanan dan produk yang mereka tawarkan. 

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui tentang produk atau layanan yang harus Anda promosikan. Cobalah untuk mempelajari segala sesuatu tentang mereka, fitur, manfaat, dan kekurangannya. Ini akan membantu Anda mempromosikan produk secara efektif. 

3. Ketahui audiens target Anda

Sekarang Anda tahu tentang klien Anda dan produk atau layanan mereka, sekarang saatnya untuk meneliti audiens target Anda. Salinan yang akan Anda buat harus dikuratori untuk memikat penonton agar mengambil tindakan. Setiap kelompok penonton memiliki karakteristik khusus yang unik bagi mereka. 

Katakanlah klien Anda adalah produk katering merek perawatan kulit khusus untuk remaja. Target audiens Anda adalah remaja berusia 14-19. Beberapa karakteristik umum dari audiens ini adalah banyaknya penggunaan platform media sosial, tren, meme, dan bahasa yang menarik. Oleh karena itu, ketika copywriting untuk pelembab, Anda harus memastikan bahwa itu kreatif, menarik, dan trendi untuk menarik audiens muda. 

4. Kenali pesaing

Meneliti klien Anda dan produk mereka akan membantu salinan Anda menjadi jujur ​​dan relevan. Namun, ketika Anda meneliti pesaing klien Anda, Anda akan menemukan inspirasi dan celah yang dapat Anda gunakan untuk membuat salinan yang lebih baik dan lebih menarik. 

5. Buatlah meyakinkan

Tujuan utamanya adalah membuat pelanggan mengambil tindakan tertentu seperti membeli produk atau menghubungi bisnis. Salinannya harus cukup meyakinkan untuk mempengaruhi pelanggan agar membeli. Menggunakan kata-kata yang kuat dan nada persuasif adalah cara yang bagus untuk melakukan ini. Namun, karena pelanggan akan melakukan pembelian atau tindakan lainnya, mereka akan menginvestasikan uang hasil jerih payah dan waktu berharga mereka. Oleh karena itu, salinan harus berisi informasi dan klaim asli. 

Cobalah untuk tidak menggunakan nada persuasif secara berlebihan; menggunakannya dengan cara yang tidak akan mengganggu atau menyinggung pelanggan. Salah satu kesalahan yang cenderung dilakukan oleh copywriter baru adalah menggunakan kata-kata atau bahasa yang mengesankan. Ingatlah untuk membujuk, tetapi jangan memaksakan. 

6. Mulailah dengan membuat tata letak

Melanjutkan tip di atas, membuat tata letak sebelum Anda mulai menulis akan membantu Anda menyusun salinan yang dipandu dengan baik. Copywriting melibatkan berbagai format dan terkadang tidak ada format, tetapi semua salinan memiliki struktur yang serupa. Seringkali sulit untuk menghasilkan konten yang relevan dan persuasif. Namun, proses penulisan menjadi lebih nyaman bila Anda memiliki struktur. 

7. Menulis dengan pikiran bebas

Karena copywriting dimaksudkan untuk mempengaruhi audiens agar membuat keputusan, copywriter baru sering kali menemukan diri mereka terlalu stres untuk membuat salinan yang persuasif dan menarik. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar salinan yang dibuat oleh seorang copywriter mulai mirip satu sama lain. Untuk menghindari hal ini, menulis dengan pikiran bebas tanpa tekanan untuk membuat konten dari satu jenis sangat penting. 

Jangan mengikuti gaya atau nada tertentu; sebagai gantinya, tulislah seperti yang Anda inginkan. Menulis secara alami. Dan, setelah Anda selesai menulis, revisilah. Koreksi apa yang telah Anda selesaikan dan edit, dengan mengingat bagaimana audiens target ingin membacanya. 

8. Eksperimen

Setelah Anda menulis beberapa salinan, cobalah untuk menganalisisnya. Perhatikan gaya penulisan Anda, kata-kata spesifik, dan nada yang berulang dalam karya Anda. Ini akan berfungsi sebagai dasar keterampilan menulis Anda sebagai copywriter. 

Bereksperimenlah dengan bahasa, kata, dan nada untuk lebih meningkatkan keterampilan Anda. Baca tentang perangkat sastra dan cobalah untuk memasukkannya ke dalam tulisan Anda. Untuk membuat salinan lebih menarik, gunakan sajak, aliterasi, perumpamaan, perumpamaan, simbolisme, dan metafora.

Penting juga bagi Anda untuk mengembangkan keterampilan menulis salinan yang sesuai untuk berbagai platform. Platform yang berbeda akan memiliki format salinan yang berbeda, panjang, nada, dll. Salinan yang diposting di platform media sosial akan berbeda dari iklan yang ditampilkan di situs web. Oleh karena itu, mempelajari gaya apa yang berfungsi pada satu platform pilihan sangat penting.

9. Pertahankan percakapan

Bahasa dan kata-kata yang Anda gunakan dalam salinan sangat bergantung pada audiens target Anda. Misalnya, jika Anda memiliki audiens remaja, menggunakan bahasa informal dan trendi akan membantu menarik perhatian mereka. Dan, jika Anda memiliki audiens profesional, menggunakan bahasa formal dan kata-kata yang tepat akan lebih baik. 

Namun, bahasa percakapan dan lugas adalah cara terbaik untuk membuat salinan dapat dibaca dan dimengerti. Cobalah untuk tidak menggunakan jargon dan kata-kata teknis; alih-alih, andalkan kata-kata sederhana yang dapat dipahami semua orang. 

10. Ikuti formula sukses

Ini mungkin yang paling teknis di antara tips copywriting yang terdaftar untuk pemula. Setiap salinan berbeda dari yang lain. Copywriter harus membuat konten unik secara konsisten, dan karena itu salinan yang mereka buat berbeda dalam panjang, bahasa, nada, dan gaya. 

Namun, ada beberapa formula dasar yang diandalkan oleh setiap copywriter; ini adalah,

  • FAB – fitur, keunggulan, manfaat

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, rumus ini mencakup menuliskan fitur yang ditawarkan oleh produk atau layanan, keuntungan menggunakannya dibandingkan produk, dan manfaat yang akan diperoleh seseorang darinya. 

  • BAB – sebelum, sesudah, jembatan

Dalam formula ini, Anda mencoba membuat pelanggan melihat sebelum dan sesudah menggunakan produk atau layanan tersebut. Anda membuat daftar skenario saat ini – yaitu, sebelumnya – kemudian memperkenalkan skenario yang sangat berbeda dari skenario saat ini; ini setelahnya. Untuk menjembatani kesenjangan antara sebelum dan sesudah, Anda memperkenalkan produk Anda dan fitur-fiturnya.  

  • PAS – masalah, dorongan, solusi

Salinan dengan rumus PAS dimulai dengan mencatat masalah, yang kemudian diganggu atau diperparah dengan kata-kata yang kuat dan emosional, dan – sebelum pelanggan mulai pesimis dan kesal – menawarkan solusi, yaitu produk atau layanan. 

Baja Juga : Perbedaan Copywriter dengan Content Writer

  • AIDA – perhatian, minat, keinginan, tindakan

AIDA melibatkan mengikuti pola yang ditetapkan. Anda pertama-tama mencoba untuk menarik perhatian pembaca dengan menggunakan kata-kata dan kalimat yang menarik dan kemudian menarik minat mereka dengan membuat daftar produk dan fitur-fiturnya. Untuk mempertahankan perhatian pelanggan, Anda mencoba meningkatkan keinginan mereka. Dan, untuk mengakhiri salinan, Anda mendesak mereka untuk mengambil tindakan tertentu. 

  • 4C- jelas, ringkas, kredibel, dan menarik

Ini adalah salah satu formula yang paling banyak digunakan untuk copywriting. Salinan yang Anda tulis menggunakan bahasa dan kata-kata yang sederhana, singkat, dan transparan sesuai dengan tujuannya. Hal ini membuat salinan tampak kredibel dan menarik. 

11. Beri jingle!

Jika Anda mencoba mengingat beberapa iklan ikonik, Anda akan melihat bahwa iklan yang pertama muncul di benak Anda adalah iklan yang memiliki jingle atau dering—misalnya, iklan kriket Cadbury. Hal yang sama berlaku untuk salinan. Saat Anda harus membuat salinan yang menarik, menarik, namun persuasif, menambahkan jingle atau sajak dapat membantu membunuh kedua burung dengan satu batu. Selain itu, menambahkan jingle dapat membuat penonton terkesan dan ketagihan. Dengan cara ini, mereka akan lebih mungkin untuk mengambil tindakan dan menantikan salinan masa depan dengan penuh antisipasi. 

12. Ikuti tren!

Tren adalah cara terbaik dan termudah untuk menarik perhatian siapa pun. Terutama benar jika salinan Anda akan dipublikasikan di platform media sosial. Dengan semakin menonjolnya media sosial, menggunakan tren untuk memasarkan suatu produk telah menjadi sangat populer. 

Anda dapat mengikuti berbagai platform media sosial seperti Twitter atau Instagram untuk tetap mengikuti perkembangan tren. Cobalah untuk mengikuti tren setiap kali Anda berpikir bahwa sebuah tren relevan dengan produk atau layanan yang harus Anda tulis. 

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa meskipun menggunakan tren dalam copywriting itu menarik, Anda harus memilih yang tepat. Anda juga dapat menggunakan meme dan lelucon dalam salinan.  

Baca Juga : Tips Copy Writing untuk pemula

Jika Anda membutuhkan Aplikasi Kasir yang bisa membantu mengelola bisnis Anda. Download aplikasi kasir disini.

Kunjungi Instagam dan Facebook Yapos untuk mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya