cara beriklan di sosial media

Teknik Dasar Membuat Iklan di Sosial Media

Teknik Dasar Membuat Iklan di Sosial Media – Halo Yapers, Dasar untuk membuat iklan di sosial media adalah berharap bisa menignkatkan penjualan. Namun apa benar bisa meningkatkan penjualan?

Yuk untuk lebih jelasnya simak teknik dasar membuat iklan.

Sebelum mulai, alangkah baiknya jika Anda mengetahui telebih dulu cara yang harus Anda lakukan sebelum membuat dan menjalankan iklan di sosial media.

Tentukan tujuan, target audience dan channel yang Anda gunakan.

Sebelum membuat perencanaan iklan atau menambahkan tim desain, alangkah baiknya Anda melakukan testing iklan terlebih dulu.

Bukan jadi rahasia saat memulai iklan yang harus dilakukan adalah melakukan testing iklan terlebih dulu, ini memiliki tujuan untuk mengetahui kampanye mana yang memiliki hasil paling optimal dari kampanye lainnya.

a. Tujuan

Iklan yang dijalankan jelas membutuhkan biaya, ini memiliki resiko dimana resiko terburuknya adalah iklan yang dijalankan tidak mendapatkan hasil yang baik. Oleh karenanya tentukan tujuan iklan Anda.

Berikut ini adalah tujuan iklan yang bisa Anda gunakan untuk panduan memulai membuat iklan.

Baca Juga : Cara Membuat Kalender Konten Sosial Media

Tidak setiap konsumen akan melihat iklan Anda, namun menentukan tujuan dan target audience sangatlah penting.

Tujuan akhir adalah pembeli Anda di posisi paling bawah pada funnel tersebut.

Dengan menggunakan Funnel seperti ini bisa memudahkan Anda mengetahui tipe pembeli Anda berada pada level yang mana.

b. Metrik

Penggunaan metrik bisa menjadi ukuran yang tepat ketika Anda beriklan di sosial media, saat ini metrik pengukuran yang paling banyak digunakan adalah AIDA.

Dengan menggunakan metrik AIDA pada setiap iklan Anda, Anda dapat melihat apa yang perlu Anda ubah dan improve untuk mendapatkan iklan terbaik.

1. Attention

Pertama-tama Anda perlu melihat jangkauan dan tayangan iklan Anda, jika Anda tidak memiliki cara yang untuk mendapatkan jangkauan yang tinggi, lakukan perubahan target audience Anda.

Untuk iklan video, minimal penayangan video adalah 3 detik. Jika tidak, itu berarti orang-orang melewati video Anda tanpa melihat sekilas iklan video Anda, apalagi membaca headline atau deskripsi iklan.

“jika Anda tidak mendapatkan cukup perhatian, buat ulang video Anda untuk menambahkan umpan yang lebih baik, gunakan warna, gunakan gerakan, gunakan teks dan animasi.”

Berikan perhatian khusus pada CPM Anda, CPM yang tinggi menunjukkan kampanye Anda lemah. Mungkin ada masalah dengan penargetan Anda juga.

2. Interest

Jika Anda mendapatkan perhatian yang cukup, langkah selanjutnya adalah melihat apakah mereka menonton iklan Anda cukup lama.

Jika mereka menikmati videonya, mereka juga akan membaca Judul iklan Anda dan mungkin bisa memberika reaksi pada posting Anda seperti suka, komentar, berbagi, dll.

Semakin lama seseorang menonton video Anda, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk menyampaikan pesan.

“Jika penonton Anda tidak menonton video Anda lebih dari 3 detik, pertimbangkan untuk mengedit video Anda dengan membuat yang lebih menarik perhatian di awal”

3. Desire

Pada level ini mereka yang menonton iklan Anda harusnya sudah masuk ke dalam tujuan iklan Anda dibuat, seperti berkunjung ke website, membeli produk, mendapatkan data diri pengunjung dll. Ini mengartikan bahwa iklan yang sudah tayang dan menghasilkan berapa klik ke tujuan.

Ada dua variable yang harus di hitung yakni CPC dan CTR. CPC merupakan biaya iklan yang ditagihkan kepada Anda ketika orang tersebut klik iklan Anda. CTR adalah berapa banyak rata-rata orang yang melihat kemudian klik iklan Anda. Jika iklan Anda mendapatkan nilai CTR dibawah 1% itu artinya iklan Anda kurang bagus dalam menggunakan copy ads, gambar, video dan deskripsi.

“Rumusnya adalah CPC harus Rendah dan CTR harus tinggi”.

4. Action

Aksi merupakan metrik terakhir, Iklan yang sudah di tonton akan menuntun ke tujuan iklan seperti website, pembelian produk, leads, dll. Dengan begitu iklan yang berjalan bisa dihitung ROAS dan CPA.

Untuk mendapatkan pembelian yang tinggi pastikan landing page atau produk Anda dapat memberikan solusi bagi permasalahan mereka. Jika masih belum mencapai target, coba pelajari kemudian rubah kembali landing page dan produk deskripsi Anda.

Baca Juga : Bagaimana Menentukan Media yang Tepat Untuk Iklan Bagi Pemula

Jika Anda membutuhkan aplikasi yang mampu membantu meningkatkan penjualan.

Jangan sungkan untuk menghubungi kami atau install Yapos di playstore

Mau tahu lebih detail tentang yapos? klik banner dibawah.

Kesimpulan

Membuat iklan pada sosial media merupakan cara yang tepat untuk mengenalkan produk Anda dengan cepat, namun perlu dicermati saat membuat iklan, gunakan teknik yang sesuai dengan kebutuhan iklan Anda.

Kunjungi Instagam dan Facebook Yapos untuk mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya