Tips Meningkatkan Produktivitas Untuk UMKM

Meningkatkan produktivitas usaha umkm – Halo Yapers, semoga kalian semua dalam keadaan yang baik.

Mungkin sebagian orang akan merasakan hal yang sama yaitu “Apa yang sudah aku hasilkan selama ini”. Sudah 10 tahun memulai usaha tetap tidak berkembang, belajar dengan mentor yang berpengalaman namun tidak ada yang berubah secara signifikan. Lantas apa yang terjadi pada diri kamu selama ini?

Kamu sudah melakukan hal yang tepat untuk kemajuan usaha kamu, tapi kenapa produktivitas tidak ikut meningkat?

Setiap orang memiliki kesibukan dan keterbatasan waktu itu sendiri, nah maka dari itu dalam keterbatasan wakt, memaksimalkan waktu yang udah kamu atur agar lebih produktiv.

Berikut ini cara meingkatkan produktivitas :

  1. Libatkan Karyawan.
    Karyawan harus memiliki visi dan misi yang sama terhadap perusahaan, sehingga apa yang dikerjakan memiliki dasar untuk menghasilkan sebuah produk yang akan dipasarkan ke seluruh calon customer. Pastikan karyawan memiliki ketrampilan yang dibutuhkan perusahaan dan mampu bekerja secara mandiri dalam mengambil keputusan yang selaras dengan visi dan misi perusahaan. Ajak karyawan untuk ikut andil dalam mengambul keputusan, karena dengan seperti itu karyawan mu akan merasa lebih dianggap sebagai orang penting dalam usahamu.
  2. Leadership di dalam perusahaan.
    Di dalam sebuah usaha atau bisnis sangat penting peran seorang pemimpin, seorang pemimpin harus mengetahui setiap persoalan yang ada, komunikasi antara atasan dan bawahan sangat penting untuk mengetahui setiap persoalan, ini bisa membantu untuk mengurangi keasalah yang terjadi sebelum menjadi semakin parah.
  3. Kenali Permasalahan Internal Perusahaan.
    Buat sebuah indikator untuk masing-masing pekerjaan yang dikerjakan, apakah pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawan sudah sesuai dengan prosedur perusahaan, kemudian lakukan evaluasi hasil kerja, apakah sudah sesuai dengan indikator yang dibutuhkan.
  4. Perbaiki Alur Kerja yang Ada.
    Perbaiki alur kerja adalah tentang mengidentifikasi titik masalah dalam alur kerja, menganalisa pekerjaan karyawan, kebutuhan teknologi , proses produksi apa yang dibutuhkan untuk produksi, bagaimana cara berkomunikasi dengan tim dan masih banyak yang lainnya.
  5. Memiliki Harapan yang Realistis.
    Harapan yang Realsitis dengan keadaan SDM di tempat usaha kamu, jangan sampai dengan SDM yang biasa aja kamu menginginkan produk yang sempurna, jangan sampai dengan alat produklsi yang masih manual kamu berharap proses produksi cepat. perlu diingat usaha kamu ini melibatkan karyawan, berdayakan karyawan kamu untuk berkembang agar hasil yang dikerjakan bisa maksimal.
  6. Konsisten Pada Strategi.
    Bagaimana caranya meningkatkan produktivitas usaha umkm?
    jawabannya yang tepat adalah konsisten.
    konsisten dalam hal apa? ada 3 hal yang harus dilakukan .
    • Hubungan dengan pelanggan.
      Menjalin hubungan dengan pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk pengusaha, karena dengan memiliki banyak relasi maka kunjungan ke usaha kamu akan semakin besar, jika kunjungan semakin besar potensi penjualan akan bertambah, jika penjualan bertambah maka nilai produktivitas akan naik.
    • Efisiensi Operasional.
      Produktivitas harus dibarengi dengan operasional, ketika produktivitas usaha naik maka harus didukung dengan operasional. Tanpa operasional yang bagus produktivitas akan sulit dilakukan.
    • Inovasi dan Kreatifitas.
      Ikuti tren yang berkembang saat itu, dan coba implementasikan pada usaha kamu serta kreasikan dengan ekosistem yang ada saat itu.

Tips diatas merupakan sedikit tips yang bisa dilakukan, keesimpulannya lakukan hal yang dapat membangun serta kerjakan secara konsisten.

Anda bisa mencoba aplikasi kasir yapos untuk meningkatkan produktivitas kamu, silahkan klik link ini
Selamat mencoba.

This Post Has 3 Comments

  1. Del

    We stumbled over here by
    a different web address and thought I
    might as well check things out.
    I like what I see so now I’m following
    you. Look forward to exploring your web page repeatedly.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

Tips Bisnis
Yapos

Cara membuka usaha disaat PPKM.

Cara membuka usaha disaat PPKM – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, kita masih harus berjuang dengan virus yang kita sendiri belum tau kapan akan berakhir.

Read More »
Workhop UMKM level up
Event
Yapos

Workshop UMKM Level Up

Saat eksport produk kamu harus mengerti target market, karena saat eksport produk harapannya produk kamu bisa diterima konsumen saat eksport

Read More »