Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
cara umkm go international

Menggunakan Media Sosial untuk Meningkatkan Bisnis.

Cara menggunakan media sosial untuk meningkatkan bisnis – Perkembangan zaman saat ini mengalami perubahan yang cukup cepat, teknologi terus-menerus berubah. Hal ini yang harus dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk terus bisa memanfaatkan teknologi guna meningkatkan bisnis. Salah satu manfaat menggunakan teknologi adalah untuk berjualan online.

Teknologi dapat membantu bisnis mu meningkat pesat terutama sosial media. Kita semua mengetahui pertumbuhan pengguna sosial media sangatlah cepat, banyak pebisnis yang suses diluar sana menggunakan sosial media untuk menjangkau banyak konsumen.

Kamu bisa membaca artikel tentng digital marketing disini.

10 langkah memanfaatkan sosial media untuk meningkatkan bisnis.

1. Berinteraksi dengan pengujung

Secara umum perilaku bersosial media tidak jauh dengan kita bersosialisasi secara langsung dengan koonsumen, semakin sering berinteraksi konsumen akan lebih mengenal dekat kepribadian kamu.

Sama halnya sosial media, semakin kamu sering berinteraksi semakin dikenal produkmu. Berikan reaksi atau respon positif ketika konsmen mengomentari atau memberi masukan terhadap produkmu. Berikan komentar yang positif saat mereka membagikan konten mereka di sosia media. Ini merupakan cara yang bagus untuk berinteraksi dengan mereka.

Jangan pernah melakukan SPAM pada sosial media, karena itu sangat mengganggu mereka.

2. Maksimalkan Hashtag

Hashtag adalah kata kunci yang dimasukkan dalam kolom pencarian di sosial media, semakin akurat hashtag yang kamu gunakan maka bisnismu semakin mudah ditemukan oleh konsumen. Hastag dapat memudahkan calon konsumen kamu untuk menemukan postingan kamu, dengan begitu bisnis mu bisa menjangkau banyak calon konsumen.

Setiap sosial media memiliki algorithma yang berbeda-beda dalam penerapan hashtag sendiri. Kamu bisa mempelajari lebih dalam terkait penggunaan hashtag.

Gunakan hashtag yang relevan dengan bisnis mu dan jangan menggunakan hastag yang terlalu luas dan banyak.

3. Konten yang Bermnfaat

Buatlah konten yang bermafaat untuk calon konsumen kamu, pastikan bahwa konten yang kamu buat dan bagikan memiliki informasi yang dibutuhkan oleh calon knsumen kamu. Jika mereka merasa konten yang kamu buat dan bagikan memiliki manfaat, mereka bisa menjadi fllower kamu.

Jangan menggunakan konten yang konteroversial, memang konten kontroversial banyak mendatangkan pengunjung tapi bisa jadi kamu akan kehilangan calon pembeli.

4. Bahasa yang sesuai dengan brand kamu

Gunakan bahasa yang sesuai dengan karakter brand kamu, dengan begini brand kamu bisa memiliki ciri khas pada benak calon konsumen kamu. Kamu bisa memililih nama panggilan yang unik kepada calon konsumen.

Walaupun sosial media ini mewakili bisnis kamu, kamu tidak harus menggunakan bahasa yang formal. Kamu masih bisa menampilkan karakter khusus dalam konten atau berkomentar.

5. Jadwal Posting

Kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk posting konten pada sosial media, kamu bisa melihat waktu yang tepat pada insight di facebook maupun instagram. Dengan begitu postingan kamu bisa dilihat oleh calon konsumen kamu.

Ketika membuat jadwal postingan di sosial media, pastikan konten yang dijadwalkan adalah konten yang bermanfaat dan tidak SPAM. 64% pengguna sosial media akan unfollow sosial media yang sering posting konten promosi dan pastikan kamu hanya posting maksimal 1-2 konten dalam sehari.

6. Jawab setiap komentar dan masukan

Berikan tanggapan yang baik untuk setiap komentar dan komplain. Karena komentar yang seperti ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi suatu masalah dan membuat bisnis atau layanan kamu menjadi lebih baik.

Saat mmendapatkan komentar yang negatif, pastikan kamu tidak memberikan respon yang kurang baik, tetap fokus pada permasalahan yang ada dan berikan solusi terbaikmu.

7. Gunakan element yang menarik

Hias konten semenari mungkin untu setiap gambar atau video yang kamu bagikan. Pastikan element yang digunakan sesuai dengan tujuan postingan.

Hindari element yang tidak sesuai konteks dan kontroversial, sesuaikan dengan minat konsumen untuk mendapatkan banyak enggagement.

8. Konten yang oroginal

Kamu bisa membagikan konten dari konsumen kamu, ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada konsumen kamu, kamu juga bisa membagikan konten review dari pelanggan.

Hindari mmenjiplak konten dari kompetitor, karena ini akan menghasilkan cibiran dari peanggan kamu.

9. Software automation

Kamu juga bisa menggunakan software untuk membantu dalam mengelola sosial media kamu, seperti penjadwalan konten untuk posting di sosial media, menganalisa hasil postingan dll.

10. Kalender konten

Kalender konten berfungsi untuk menentukan tema pada setiap postingan kamu, sehingga kamu tidak perlu bingung untuk menentukan tema yang akan kamu posting di sosial media.

Setiap konten yang kamu posting pastikan kamu mengecek hasilnya, karena masing-masing konten yang sudah kamu posting memiliki hasil yang berbeda-beda.

10 cara diatas adalah cara yang sering digunakan oleh pebisnis online yang ada diluar sana. Jadi kamu bisa menggunakan cara ini untuk meningkatkan bisnis mu di sosial media.

Salam sukses dari sahabatmu Yapos.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya