Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
trafik website

Kenali Sumber Trafik Pengunjung Saat Berjualan Online

Jualan online saat ini bukan hal yang baru untuk masyarakat Indonesia, ditambah lagi pandemi mengakibatkan bertambahnya pengangguran akibat banyak perusahaan mengalami kerugian.

Jika dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pengangguran pada bulan Februari 2021 sebanyak 8,75 juta orang. Bila dibandingkan dengan Februari 2020 yang sebanyak 6,93 juta, jumlah ini meningkat 1,82 juta orang. bisa dibandingkan jika 10% saja yang bergabung ke dalam ecomerce, saingan Anda akan semakin banyak.

Dengan mengetahui trafik pengunjung Anda bisa memaksimalkan strategi digital marketing yang akan Anda gunakan.

Berikut ini hal yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam mengetahui sumber trafik pengunjung.

Organik

Pengunjung organik adalah sumber trafik yang dihasilkan dari hasil relevansi konten atau artikal yang Anda buat di website, instagram, facebook atau yang lainnya. Jika konten atau artikel yang Anda bagikan kepada pengguna bermanfaat, biasanya mereka akan berfikir brand Anda terpercaya.

Konten yang bagus adalah yang memiliki interaksi yang baik, ada beberapa tipe konten, yaitu :

  1. Edukasi
    konten yang bisa memberikan insight bagi para pembaca atau penontonnya.
  2. Viral
    Konten yang dibuat biasanya membahas tentang apa yang lagi banyak diperbincangkan banyak orang di dunia maya.
  3. komedi
    Konten yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur para pengikut Anda, entah di social media, youtube atau website.

Pastikan kamu mengetahui segment pasar kamu terlebih dulu sebelum membuat konten, jika segment pasar kamu adalah orang yang memiliki usaha atau pebisnis pastikan konten kamu membahas tentang bagaimana cara membangun dan mengembangkan bisnis atau bisa dibilang kontennya spesifik ke konten edukasi, tapi Anda boleh membuat konten komedi yang masih ada relevansi dengan bisnis.

Referral

Referral adalah sumber trafik yang dihasilkan dari berbagai media, bisa dari website, youtube, dan social media.

Pengunjung yang datang ke toko online Anda biasanya hasil dari link yang Anda tempelkan pada media, atau bisa juga konten Anda dibagikan oleh pengguna Anda.

Jika konten Anda dibagikan banyak orang itu berarti konten yang Anda buat disukai oleh benyak orang.

Social

Social adalah sumber trafik yang dihasilkan dari social media, jika pengguna social media Anda memiliki banyak follower aktif ini sangat bermanfaat untuk usaha Anda.

Manfaatkan fitur analisa yang ada pada social media untuk mengetahui hasil konten yang telah Anda bagikan, ketahui konten mana yang menghasilkan banyak interaksi dan jangkauan, semakin banyak jangkauan maka brand Anda banyak dikenal orang.

Paid

Paid adalah sumber trafik yang dihasilkan dari iklan yang Anda jalankan, bisa dari google Ads, facebook Ads atau endorse.

Trafik ini memiliki konversi yang tinggi karena ditampilkan berdasarkan minat dari market Anda. Untuk menghasilkan konfersi yang tinggi Anda harus mentargetkan iklan se-spesifik mungkin.

Direct

Direct adalah sumber trafik yang dihasilkan dari pembeli yang mengetikkan langsung pada google search. Sumber trafik ini biasanya orang yang sudah mengetahui brand Anda, trafik seperti lebih mudah terkonversi karena sudah mengenal produk Anda.

Kesimpulan

Kenali trafik pengunjung yang Anda dapatkan untuk mengetahui se-efektif apa konten yang dibagikan, dengan memahami sumber trafik maka Anda bisa lebih mudah mengoptimasi strategi digital marketing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

baca juga apa itu digital marketing.

Konsultasikan bisnis Anda dengan kami gratis dan install aplikasi kasir yapos untuk meningkatkan usaha mu.

Salam sukses sahabatmu Yapos.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya