tiktok untuk bisnis

Fitur Tiktok untuk Bisnis

Fitur Tiktok untuk Bisnis – Halo yapos, selamat datang di aplikasi kasir yapos, Ingin tahu bagaimana cara menggunakan TikTok untuk bisnis Anda? Mencari kiat untuk meningkatkan kesuksesan TikTok Anda?

Apakah Pemirsa Anda di TikTok?

TikTok adalah tren terbaru di media sosial dengan  lebih dari 1,5 miliar unduhan  di App Store dan Google Play dan  lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan . Platform ini terdiri dari video yang direkam pengguna selama 15 dan 60 detik yang memungkinkan pengeditan dan integrasi dalam aplikasi dengan pemain sosial utama lainnya.

Demografi terbesar pengguna TikTok adalah antara usia 16 dan 24 tahun. Tetapi jika Anda berpikir TikTok hanya iseng-iseng untuk Generasi Z, pikirkan lagi. Sejak diluncurkan pada tahun 2018, TikTok telah berevolusi dari aplikasi pembuatan video yang hanya ditujukan bagi pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka menjadi surga pemasaran dan periklanan.

Anda mungkin pernah melihat cara merek menggunakan Instagram untuk terlibat dengan konsumen melalui pos, cerita, video langsung, dan IGTV. TikTok memungkinkan merek untuk terlibat dengan pengguna melalui video, hanya dalam klip yang lebih pendek dan berukuran kecil. Dalam 12 bulan terakhir, merek telah membuat akun di platform untuk menjelajahi dan berinteraksi dengan konsumen. Di Tiktok, Anda dapat menemukan semua orang mulai dari influencer dan selebritas hingga politisi dan rata-rata Joe.

Daya pikat TikTok untuk bisnis adalah banyaknya pengguna aktif di platform. Masih belum jelas persis bagaimana algoritme bekerja tetapi tampaknya jauh lebih mudah bagi konten video Anda untuk menjadi viral di TikTok daripada di platform media sosial lainnya.

Jika bisnis Anda siap untuk mencoba TikTok, berikut adalah empat jenis konten untuk Anda mulai.

#1: Buat Konten Anda Sendiri di TikTok

Bahkan jika merek Anda tidak terkenal, Anda masih dapat menggunakan TikTok secara efektif untuk pemasaran . Semuanya dimulai dengan merencanakan konten yang bagus dan menggunakan praktik terbaik berikut.

Jadilah otentik : Sebagian besar pengguna media sosial tidak memiliki akses ke peralatan kamera atau anggaran produksi yang mahal. Mereka membuat konten dengan ponsel dan waktu mereka, yang otentik untuk siapa mereka. Ambil pendekatan yang sama dengan konten Anda sendiri. Dengan mengungkapkan kepribadian sejati merek Anda, pengguna akan merasa terhubung dengan Anda dan berhubungan dengan Anda, yang membangun kepercayaan.

Gunakan dua bahan ajaib : Dua bahan yang umumnya menyebabkan konten TikTok viral adalah hewan peliharaan dan anak-anak. Karena demografi platform lebih muda, ada lebih banyak minat untuk menonton video lucu dan menghibur dengan anak-anak dan hewan. Jika kantor Anda memiliki maskot atau hewan peliharaan kantor, sertakan dalam konten Anda. Dan pertimbangkan untuk meminta salah satu anak anggota tim Anda mengajari Anda tarian tantangan tagar dan memfilmkannya.

Ingat, TikTok bukanlah tempat untuk kesan pertama yang bersih dan senyum palsu. Ini adalah tempat untuk hiburan otentik, humor, dan kesenangan.

Tambahkan putaran Anda sendiri : Anda tidak perlu berjuang untuk menemukan ide konten baru dan unik untuk TikTok. Platform ini didasarkan pada keterlibatan komunitas dan tagar sehingga yang harus Anda lakukan hanyalah menemukan konten yang ada dan menjadikannya milik Anda sendiri.

Ikut serta dalam tantangan hashtag atau tarian dan lagu yang sedang tren. Jika ada tren di niche Anda tentang rutinitas pagi yang produktif, tunjukkan tren Anda sendiri. Kisah dan kepribadian merek Anda yang unik akan membedakan Anda dari orang lain dalam kategori yang sama. Lihat apa yang sudah berhasil di aplikasi dan lakukan putaran Anda sendiri di atasnya.

Sebelum Anda mulai membuat konten, rasakan gaya unik TikTok. Ini bukan platform formal atau uber-profesional; ini adalah ruang bagi pengguna dan merek untuk bereksperimen dengan tren, bertindak konyol dan menyenangkan, dan menunjukkan sisi lain dari diri mereka. Ketuk tombol kaca pembesar di menu bawah untuk membuka halaman Temukan tempat Anda dapat melihat video dan tagar yang sedang tren. Jelajahi video untuk melihat bagaimana pengguna lain membuat konten mereka.

Buat Video Pertama Anda

Saat Anda siap untuk membuat video pertama Anda, ketuk tombol plus hitam di bagian bawah layar Anda. TikTok akan meminta izin Anda untuk mengakses kamera, foto, dan mikrofon ponsel Anda.

Ketuk untuk Membuat sembulan Video Pendek Pertama Anda di TikTok

Selanjutnya, Anda akan melihat halaman perekaman muncul dengan lingkaran merah untuk mulai merekam. Pilih opsi 15 detik atau 60 detik terlebih dahulu. Kemudian mulailah membuat video Anda!

Opsi 15-an dan 60-an di layar pembuatan video TikTok

Tambahkan Musik dan Efek

TikTok memiliki berbagai efek dan fitur unik untuk ditambahkan ke video Anda, termasuk musik. Pengguna biasanya membuat video lip-sync dengan gaya Musical.ly di mana mereka mengucapkan kata-kata ke lagu-lagu populer. Di satu sisi, ini seperti membuat video musik Anda sendiri. TikTok memiliki hampir semua lagu populer di radio yang tersedia tanpa masalah pelanggaran hak cipta.

Untuk menambahkan lagu ke video Anda, ketuk tombol Suara di dekat bagian atas layar perekaman.

Saat perpustakaan Suara terbuka, Anda dapat menelusuri rilis baru, genre, daftar putar yang sedang tren, dan bahkan musik tema video game. Simpan pilihan yang Anda sukai ke Favorit Anda dengan mengklik ikon bookmark di sebelah kanan nama lagu.

Perpustakaan Suara TikTok

Untuk menambahkan lagu ke video Anda, pilih dari perpustakaan lalu ketuk tombol tanda centang merah untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Setelah dimuat, Anda kembali ke layar perekaman dan nama lagu akan berada di tempat ikon Suara dulu.

Di sepanjang sisi kanan layar, Anda akan menemukan efek yang dapat digunakan di konten TikTok Anda:

  • Flip memungkinkan Anda menggunakan kamera depan atau belakang.
  • Kecepatan mengacu pada kecepatan bingkai; Anda dapat mempercepat atau memperlambat video Anda.
  • Mode Kecantikan mengaburkan ketidaksempurnaan kulit dan meningkatkan kejernihan wajah Anda di layar.
  • Filter memberi Anda akses ke lusinan warna layar yang berbeda, tingkat kontras, dan banyak lagi. Beberapa filter membuat item tertentu terlihat lebih menarik, seperti opsi di bawah tab Makanan, yang memberikan kualitas visual berbeda pada rekaman makanan Anda.
Filter makanan TikTok
  • Timer adalah salah satu fitur yang membedakan TikTok dari platform video lain, memungkinkan Anda membuat potongan video secara real time. Ini berarti Anda dapat merekam lagu selama beberapa detik, menjeda, memposisikan ulang diri Anda, dan melanjutkan perekaman dari titik yang sama dalam lagu tersebut. Gunakan ikon Pangkas di bawah Timer untuk menyesuaikan panjang video Anda.
  • Ikon Flash sudah cukup jelas. Ini memungkinkan Anda menggunakan flash kamera Anda.

Di sebelah kiri tombol rekam merah adalah ikon Efek. Saat Anda mengetuknya, Anda akan melihat lusinan efek berbeda yang dapat Anda tambahkan ke video Anda. Seseorang mengubah wajah Anda menjadi rusa dengan mahkota bunga. Yang lain menambahkan api ke latar belakang di belakang wajah Anda. Beberapa bahkan interaktif, di mana jika Anda menggoyangkan ponsel saat efeknya diaktifkan, itu akan mengubah wajah Anda dari satu filter melengkung ke filter lainnya.

Tab tren untuk efek TikTok

Di sebelah kanan tombol rekam merah adalah ikon Unggah, yang memungkinkan Anda mengunggah video yang direkam sebelumnya di ponsel Anda ke TikTok. Video panjang perlu dipangkas agar sesuai dengan jangka waktu 60 detik.

Bagikan Video Anda

Setelah Anda memilih musik dan efek dan merekam video Anda, ketuk lingkaran merah dengan tanda centang putih di kanan bawah layar Anda, lalu ketuk Berikutnya.

Pada layar Posting yang muncul, Anda memiliki opsi berikut:

  • Ketik deskripsi untuk video Anda.
  • Tambahkan hashtag.
  • @ teman Anda.
  • Tambahkan tautan.
  • Putuskan siapa yang dapat melihat video.
  • Simpan video ke album.

Anda juga dapat membagikan video ke WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

Setelah Anda selesai membuat postingan, ketuk tombol Posting berwarna merah di kanan bawah untuk segera mempostingnya atau ketuk tombol Draf putih untuk menyimpannya nanti.

Layar posting TikTok

#2: Kurasi dan Bagikan Konten Buatan Pengguna di TikTok

Meskipun sifat TikTok menyenangkan, menyenangkan, dan santai, dibutuhkan pemikiran dan kreativitas nyata untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan premis itu. Merek terutama perlu merencanakan konten mereka untuk mendapatkan hasil terbaik atas upaya mereka.

Nike telah mengambil pendekatan yang menarik untuk TikTok. Alih-alih memposting konten video publik mereka sendiri, mereka menguangkan konten buatan pengguna (UGC). Jika Anda melihat profil TikTok mereka, Anda akan melihat bahwa akun mereka bersifat pribadi dan Anda harus meminta akses untuk melihat kontennya.

Cari tagar #nike untuk melihat keajaiban pemasaran yang sebenarnya. Lebih dari 929 juta pengguna telah melihat tagar dan jutaan posting TikTok memasukkannya. Saat Anda menggulir ke bawah, Anda akan melihat video dan GIF pengguna yang mengenakan Nike mereka, melukis Nike mereka, menari di Nike mereka, dan banyak lagi. UGC ini adalah iklan gratis untuk merek tersebut.

Tagar Nike di TikTok

#3: Beriklan di TikTok

Seperti platform media sosial lainnya, TikTok bergerak menuju masa depan yang menghasilkan uang di mana merek dapat membayar agar iklan mereka ditampilkan kepada pengguna. Berikut ini adalah  empat cara TikTok memungkinkan Anda membayar iklan  dari dalam aplikasi.

Pengambilalihan merek : Iklan ini muncul di umpan pengguna sebelum mereka melihat konten pengguna lainnya. Mereka dapat ditautkan ke halaman arahan pengiklan dan eksklusif untuk kategori yang berbeda. Pada dasarnya, hanya satu iklan yang dapat tampil di slot tersebut untuk kategori tertentu per hari.

Iklan asli : Iklan video ini diputar di antara konten pengguna. Mereka dapat berdurasi antara 9 dan 15 detik dan menyertakan tombol. Namun, pengguna dapat melewati atau menggulir melewati iklan ini.

Tantangan hashtag yang disponsori : Tantangan hashtag adalah masalah besar di TikTok. Saat ada tantangan baru di halaman Discover, jutaan pengguna dapat melihatnya dan bergabung. Bisnis Anda dapat membayar untuk mensponsori tantangan hashtag dan mendapatkan spanduk khusus di seluruh halaman Discover. Saat pengguna mengetuknya, mereka akan diarahkan ke video yang dibuat oleh tim Anda untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan tantangan tersebut, sambil mempromosikan merek Anda.

Contoh tantangan tagar TikTok

Samsung menggunakan fitur Tantangan Hashtag untuk meningkatkan UGC saat mengiklankan fitur baru. Saat meluncurkan ponsel Galaxy A, mereka membuat kampanye #GalaxyA. Pengguna didorong untuk menambahkan tagar itu saat menggunakan fitur di ponsel Galaxy A mereka untuk TikTok.

Saat Anda mencari tagar, Anda akan melihat bahwa ada lebih dari 158 juta tampilan dan banyak konten dari pengguna yang memamerkan fitur tersebut. TikTok adalah platform brilian untuk merek yang bekerja dalam desain, teknologi, dan perangkat lunak untuk mendemonstrasikan produk mereka.

galaxya hashtag di TikTok

Lensa bermerek : Rancang filter TikTok yang terkait dengan bisnis Anda. Pengguna dapat memilih lensa saat memilih filter untuk video mereka dan itu ditayangkan selama 10 hari. Lensa secara otomatis termasuk dalam 10 daftar tren teratas dan hadir dalam 2D ​​dan 3D. TikTok saat ini sedang mengerjakan versi AR.

#4: Kembangkan Konten Buatan Influencer di TikTok

Seperti Instagram, Facebook, dan YouTube, merek Anda dapat  menggunakan pemasaran influencer  untuk memperluas jangkauan Anda. Influencer di TikTok memiliki jumlah pengikut yang bervariasi, dan oleh karena itu, memiliki tingkat pengaruh yang berbeda-beda. Umumnya, semakin banyak pengikut yang dimiliki seorang influencer, semakin mahal mereka untuk bekerja sama. Namun, ROI memiliki potensi untuk menjadi luar biasa.

Sebagai merek, Anda dapat mendekati influencer TikTok yang relevan dan mengusulkan hubungan kerja dengan mereka, tetapi penting untuk menjadi strategis tentang dengan siapa Anda bermitra. Jika merek Anda menjual aksesori kecantikan, bekerja dengan influencer video game bukanlah pilihan terbaik. Temukan influencer yang bekerja dalam niche Anda dan yang kepribadiannya selaras dengan nilai merek Anda.

Untuk tingkat pembayaran tertentu, influencer TikTok mungkin:

  • Bicarakan tentang produk Anda dalam video TikTok.
  • Posting tentang itu di deskripsi video.
  • Tautkan ke merek Anda di deskripsi.

Anda telah melihat betapa suksesnya pemasaran influencer di platform sosial lain, dan TikTok tidak berbeda. Seperti platform berpengaruh lainnya, Anda harus pintar tentang kontrak yang Anda usulkan dan tandatangani, dan influencer mana yang bekerja dengan Anda.

Kesimpulan

Untuk sepenuhnya memahami apa itu TikTok, penting untuk mengetahui tentang pendahulunya. Vine adalah aplikasi perekaman dan berbagi video yang memungkinkan pengguna membuat video pendek yang diputar berulang-ulang. Musical.ly serupa, kecuali itu memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek khusus dan biasanya digunakan untuk menyinkronkan lagu-lagu populer dan gigitan suara. Pada tahun 2018, pembuat aplikasi Cina serupa bernama Douyin membeli Musical.ly. Mereka menggabungkan kedua aplikasi ini ke dalam TikTok dan memasuki pasar Barat.

TikTok ada di sini dan sepertinya tidak ke mana-mana. Jadi, kenali aplikasinya dan bersenang-senanglah!

Bagaimana menurutmu? Apakah TikTok masuk akal untuk bisnis Anda? Jika Anda sudah memiliki akun TikTok, jenis konten apa yang Anda bagikan di platform? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.

Jika Anda membutuhkan Aplikasi Kasir yang bisa membantu mengelola bisnis Anda. Download aplikasi kasir disini.

Kunjungi Instagam dan Facebook Yapos untuk mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

Tips Bisnis
Yapos

6 Tips dasar menjalankan bisnis

10 Tips dasar menjalankan bisnis – Memulai usaha adalah hal yang sulit, butuh waktu, tenaga, biaya, konsistensi dan lain-lain. Orang Indonesia yang sukses saat ini

Read More »