Ide Bisnis Anti Resesi

Peristiwa dunia baru-baru ini seperti pandemi, perang di Ukraina, dan kekurangan bahan bakar telah membuat para ahli ekonomi percaya bahwa resesi akan segera terjadi. Kemungkinan resesi satu tahun ke depan menjadi sekitar 35% pada tahun 2023.

Sementara inflasi melonjak dan pasar saham anjlok, ada bisnis tahan resesi yang dapat membantu Anda untung selama masa ketidakpastian. Inilah daftar ide bisnis tahan resesi yang perlu diingat.

Kontrak Perbaikan Rumah

Perbaikan dan kontrak rumah adalah salah satu industri yang paling tangguh dalam setahun. Dapat dikatakan, sebagian besar orang ingin menggunakan uang untuk bertahan hidup dari pada membeli rumah baru sampai menunggu kondisi ekonomi yang lebih baik.

Jualan Online

Penjualan tas, pakaian, dan aksesori mewah secara online adalah hal biasa selama kemerosotan ekonomi. Berkat Shopee, Tokopedia, Bukalapak dkk, mudah bagi siapa saja untuk menjual kembali barang secara online dan mengirimkan produk ke konsumen. 

Freelance Secara Online

Perusahaan mungkin melakukan perampingan dan memberhentikan karyawan tetapi permintaan akan tenaga kerja tetap ada. Alih-alih staf penuh waktu, perusahaan sering mempekerjakan pekerja lepas berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan desain dan pemasaran mereka dari jarak jauh.

Selama Anda memiliki laptop dan keahlian yang tepat, Anda dapat menawarkan layanan freelance dari mana saja di dunia. Selesai dengan benar, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan untuk membayar tagihan dan tetap bekerja. Dengan bekerja dari satu pertunjukan ke pertunjukan berikutnya, Anda juga akan mempelajari keterampilan baru dan memperluas jaringan Anda juga.

Pembelajaran Online

Industri e-learning dapat tumbuh 55% ditahun 2020 menjadi 67% pada tahun 2030. Jika Anda memiliki keterampilan yang dapat dipasarkan dan dosis karisma yang sehat—maka Anda akan dapat mengajarkan apa saja secara online. Tidak perlu gelar PhD atau kualifikasi mengajar untuk menawarkan pelajaran fotografi, yoga, tari, dan kerajinan dari kenyamanan rumah Anda sendiri.

Untuk membuat usaha ini berkelanjutan, luncurkan kursus online di platform seperti Dapat Diajarkan untuk terus menghasilkan uang dengan usaha minimal. Anda harus melakukan banyak pemasaran untuk menarik siswa, namun, Anda bisa mendapatkan ribuan dolar setelah Anda berhasil membangun reputasi.

Akuntansi, Pembukuan, atau Perencanaan Keuangan

Layanan keuangan akan tetap diminati terlepas dari resesi. Faktanya, industri akuntansi pada tahun 2020, dan permintaannya masih terus meningkat.

Apakah Anda menghasilkan uang dari perusahaan besar, toko Etsy kecil, atau saluran Youtube—Anda memerlukan seorang akuntan saat musim pajak tiba. Kebanyakan orang tidak ingin melakukan pajak mereka sendiri. Sebaliknya, mereka cenderung mencari profesional yang dapat menawarkan bantuan dalam persiapan pajak, akuntansi, perencanaan keuangan, dan pembukuan.

Perbaikan Mobil

Mobil Anda mungkin mengalami kerusakan starter, kebocoran radiator, atau emisi yang buruk dari waktu ke waktu. Dan sementara beberapa orang dapat menyetel kendaraannya sendiri, banyak dari kita tidak mampu melakukan hal yang sama. Selain itu, masyarakat juga cenderung lebih memilih memperbaiki mobilnya saat resesi, ketimbang membeli yang baru.

Jika Anda tidak memiliki sumber daya untuk memulai bisnis reparasi mobil sendiri, Anda dapat menawarkan layanan ini terlebih dahulu kepada keluarga dan teman. Seiring waktu, bisnis Anda dapat berkembang dengan kekuatan jaringan dan periklanan strategis.

Bisnis Kecantikan

Orang mungkin mencoba mengurangi pengeluaran, tetapi mereka masih cenderung berinvestasi dalam produk kecantikan dan perawatan diri. Orang cenderung menghabiskan uang untuk kesenangan kecil seperti salon rambut dan kuku untuk mengimbangi pengorbanan besar yang mereka lakukan.

Bisnis Makanan dan Minuman

Orang-orang memiliki cara mereka sendiri untuk mengatasi resesi. Menariknya, makanan dan minuman yang menenangkan adalah kunci untuk tetap optimis dan termotivasi bagi sebagian orang. Itulah mengapa industri makanan dan minuman tetap tangguh di tengah pandemi di tahun 2020.

Baca Juga : Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner

Memang, orang menjauh dari kafe dan restoran tetapi konsumsi di rumah terus melonjak. Berkat layanan pengiriman makanan seperti UberEats, Grubhub, atau DoorDash, pembuat roti rumahan dapat dengan mudah menjual permen secara online dan mengirimkannya ke depan pintu orang. Mereka yang tidak memiliki tenaga untuk memenuhi banyak pesanan dapat mempromosikan ramuan lezat mereka di antara tetangga, teman, dan keluarga untuk mendapatkan uang tambahan. Anda bahkan dapat memulai bisnis mesin penjual otomatis untuk memuaskan keinginan orang saat mereka sedang dalam perjalanan.

Mulailah Bisnis Anti Resesi Anda Sendiri

Menghasilkan uang mungkin tampak seperti tantangan, terutama selama resesi. Namun, ada bisnis yang akan terus berkembang meskipun ekonomi bermasalah.

Inilah harapan beberapa ide bisnis yang layak ini dapat beresonansi dengan Anda. Tidak apa-apa untuk memulai dari yang kecil dan menjual layanan Anda hanya dalam jaringan Anda. Pada akhirnya, Anda akan dapat menarik lebih banyak klien, mendapatkan sumber daya, dan membuat bisnis Anda berkembang. Pelajari lebih lanjut cara membangun perusahaan yang sukses dalam panduan lengkap kami untuk memulai bisnis .

Leave a Reply

Aplikasi Bisnis Yapos

Yapos Aplikasi Penunjang Bisnis yang terintegrasi dengan koneksi internet sehingga memudahkan bisnis Anda.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

apa itu digital marketing
Marketing
Yapos

Apa itu Digital Marketing

Digital Marketing adalah kegiatan untuk memasarkan suatu produk kepada calon pelanggan dengan target pasar yang spesifik melalui teknologi digital. Digital merketing biasanya melakukan pemasaran melalui

Read More »