10 Tips Mengelola Arus Kas Usaha

10 Tips Mengelola Arus Kas Usaha

10 Tips Mengelola Arus Kas Usaha – Halo yapos, selamat datang di aplikasi kasir yapos, 

Pelajari cara efektif untuk mengelola arus kas akun bisnis Anda dengan lebih baik.

Arus kas adalah uang yang tercatat bergerak (atau mengalir) masuk dan keluar dari rekening bisnis Anda .

Biasanya dilaporkan dalam laporan arus kas bulanan.

Jika Anda memiliki lebih banyak uang masuk daripada keluar, maka bisnis Anda berada dalam posisi arus kas positif, atau ‘dalam kegelapan’.

Ketika lebih banyak uang keluar daripada masuk, bisnis Anda berisiko ditarik atau berhutang, Anda kemudian perlu mencari sumber pendapatan alternatif untuk menutupi cerukan ini.

Memahami cara memantau dan mengelola arus kas bisnis Anda sangat penting untuk memastikan kelancaran fungsi perusahaan Anda.

Itu akan memungkinkan Anda untuk mengetahui di mana bisnis Anda dapat melakukan penyesuaian untuk memastikannya bekerja untuk menghasilkan keuntungan.

Tetap dalam kegelapan adalah salah satu tujuan terpenting untuk mendorong perusahaan Anda menuju kesuksesan.

Tips Mengelola Arus Kas

  1. Pantau Arus Kas Secara Teratur
  2. Potong Biaya
  3. Dapatkan Pelanggan untuk Membayar Lebih Cepat
  4. Dapatkan Uang Tunai untuk Aset Anda
  5. Dapatkan Jalur Kredit atau Pinjaman
  6. Sewa, Jangan Beli Peralatan
  7. Ikuti terus Faktur
  8. Keuangan Jangka Panjang atau Pesanan Besar
  9. Tunda Pembayaran ke Vendor
  10. Memilih Kartu Kredit Bisnis

Bagaimana Arus Kas Bekerja

Saat menjalankan bisnis, kadang-kadang mungkin terasa seperti arus kas hanya satu arah (keluar dari bisnis Anda), tetapi sebenarnya, ia bergerak ke dua arah.

  • Uang masuk ke dalam bisnis: ini biasanya berupa klien yang membeli barang atau jasa Anda. Dalam kasus di mana klien tidak membayar pada waktu yang tepat dari pembelian, beberapa arus kas bisnis Anda akan muncul dalam bentuk piutang dalam laporan arus kas Anda.
  • Kas keluar dari bisnis: ini adalah pembayaran atau pengeluaran untuk memproduksi barang atau jasa Anda. Ini dapat mencakup berbagai pengeluaran seperti sewa atau hipotek yang perlu dibayar kembali dalam penyelesaian pinjaman bulanan. Ini akan muncul dalam laporan arus kas Anda sebagai berbagai bentuk hutang usaha.

Memiliki kendali atas arus kas Anda akan memberdayakan Anda untuk melihat di mana bisnis Anda bisa berjalan lebih baik, apakah itu masuk atau keluar.

1. Pantau arus kas Anda secara teratur

Seperti yang kami sebutkan di atas, disarankan untuk menyiapkan catatan bulanan pengeluaran dan pendapatan kas Anda, setidaknya setiap bulan.

Ini akan memastikan bahwa kesalahan dan kekurangan uang tunai terlihat dengan cepat dan tidak menyebabkan kerusakan pada bisnis Anda.

2. Potong biaya Anda

Gunakan laporan arus kas Anda untuk melakukan analisis arus kas dan coba lihat apakah ada pengeluaran berulang yang dapat Anda kurangi. Mereka bisa dalam bentuk tagihan untuk utilitas, sewa, penggajian, langganan, atau layanan rutin.

Jika Anda merasa perlu mengurangi pengeluaran Anda, cobalah untuk memotong biaya atau menegosiasikan pembayaran jika memungkinkan.

3. Buat pelanggan Anda membayar lebih cepat

Cara terbaik untuk melakukan ini tanpa mengecewakan klien atau pelanggan Anda adalah dengan menawarkan diskon penjualan dan keuntungan agar mereka membayar lebih cepat.

Misalnya, jika Anda menawarkan jangka waktu kredit 30 hari, Anda dapat memberi pelanggan Anda diskon 5% untuk jumlah faktur mereka jika tagihan dibayar dalam waktu sepuluh hari sejak diterimanya.

Jika tidak, jumlah penuh akan jatuh tempo pada akhir jangka waktu kredit 30 hari.

4. Dapatkan uang tunai untuk aset Anda

Tip ini sangat penting jika Anda ingin menghasilkan uang dengan cepat.

Mungkin bisnis Anda memiliki beberapa peralatan lama yang tersimpan di ruang penyimpanan yang mengumpulkan debu.

Jangan biarkan menjadi usang, pertimbangkan untuk menjualnya atau menyewakannya untuk mendapatkan uang tunai darinya.

5. Dapatkan jalur kredit atau pinjaman

 Gunakan laporan arus kas Anda untuk memperkirakan kebutuhan kas Anda dan dapatkan jalur kredit atau pinjaman sebagai jaring pengaman terhadap masalah arus kas.

Berhati-hatilah dengan jalur kredit atau pinjaman yang Anda dapatkan.

Pastikan saja bahwa uang apa pun yang Anda pinjam sepadan dengan investasi dan biaya pinjaman atau kredit yang Anda terima.

6. Sewa peralatan daripada beli

Hindari mengikat uang tunai dalam pengeluaran besar jika perlu, terutama ketika menyangkut mobil atau kendaraan, komputer, dan perangkat keras bisnis lainnya.

Jika Anda dapat menyewanya, maka lakukanlah, ini berarti Anda dapat mengembalikannya kapan saja dan dapat dengan cepat mengubahnya untuk model atau fitur terbaru.

7. Ikuti terus faktur Anda

Rancang template faktur Anda sehingga mudah dan mudah untuk diisi.

Anda tidak menginginkan sesuatu yang akan membuat penagihan klien Anda terlalu sulit atau menyebabkan Anda melakukan kesalahan.

Tip lainnya adalah mengirim faktur melalui email agar tidak hilang di pos dan sampai ke penerima Anda secepat mungkin.

8. Membiayai Pesanan Besar atau Kontrak Jangka Panjang

Meminta setoran atau pembayaran sebagian berarti Anda memiliki uang tunai untuk digunakan membeli bahan yang Anda butuhkan atau membayar tim yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang dikontrak oleh bisnis Anda.

Bukan hal yang aneh untuk meminta setoran hingga 25% di muka sebelum memulai pekerjaan apa pun pada pekerjaan yang ada.

9. Coba tunda pembayaran ke vendor

Mungkin ada baiknya mencoba menegosiasikan persyaratan pembayaran yang lebih menguntungkan dengan vendor Anda atau untuk mengetahui seberapa terlambat Anda dapat membayarnya.

Hindari biaya keterlambatan dan coba libatkan vendor Anda dengan cara yang transparan dan hormat yang menghormati hubungan kerja Anda.

10. Kartu kredit bisnis untuk mendukung arus kas Anda

Sebelum Anda mengeluarkan kartu kredit bisnis, pastikan bahwa ada imbalan dan manfaat berharga yang dapat Anda gunakan untuk pembelian terkait bisnis, seperti perjalanan dan hotel.

Kartu kredit bisnis dapat menawarkan bantalan yang nyaman ketika bisnis Anda hampir kehabisan uang tunai, belum lagi pernyataan yang diberikan oleh bank akan menjamin bahwa Anda dapat melacak semua pengeluaran yang dilakukan melalui kartu apa pun yang Anda keluarkan.

Melacak arus kas bisnis Anda melalui manajemen arus kas yang efisien pasti akan membantu Anda menghindari kecelakaan kas sederhana yang dapat merugikan seluruh bisnis Anda.

Mengapa Arus Kas Begitu Penting?

Kurangnya uang tunai adalah salah satu alasan utama mengapa bisnis gagal, Uang tunai sangat penting dalam beberapa skenario bisnis, termasuk:

  • Saat memulai bisnis: masalah arus kas lebih sulit saat meluncurkan bisnis, terutama dalam enam bulan pertama. Uang memiliki kecenderungan untuk keluar dari perusahaan lebih cepat di awal ketika Anda masih menyiapkan operasi Anda tetapi mungkin belum memiliki banyak pelanggan atau penjualan. Pemasok tidak sering menawarkan persyaratan kredit kepada perusahaan baru, khawatir bahwa mereka tidak akan memiliki dana untuk membayar mereka yang meningkatkan tekanan keuangan mereka.
  • Pekerjaan atau bisnis musiman: jika produk atau layanan Anda hanya musiman (misalnya barang dagangan bertema Natal), maka dengan menguasai arus kas Anda akan memungkinkan Anda membuat persediaan untuk fluktuasi besar dalam bisnis dan pada dasarnya pendapatan. Arus kas, dalam hal ini, akan sangat penting untuk menjaga bisnis Anda tetap bertahan selama musim sepi.
  • Laba tidak sama dengan uang tunai: secara teknis, adalah mungkin bagi perusahaan Anda untuk menghasilkan keuntungan meskipun tidak mencatat uang tunai. Alasan di balik ini adalah bahwa laba hanyalah sebuah konsep yang digunakan dalam akuntansi, sedangkan uang tunai adalah jumlah uang yang tersedia di rekening bank bisnis Anda. Tapi ingat, keuntungan tidak memungkinkan Anda membayar tagihan dan memenuhi kewajiban keuangan Anda. Laba akan mencakup aset seperti piutang (uang yang terutang ke bisnis Anda oleh pelanggan) yang tidak segera dapat ditagih dan karena itu tidak dapat menerima uang tunai segera. Selalu pastikan Anda memiliki cukup uang tunai di rekening perusahaan Anda untuk membayar pembayaran bulanan dan berkelanjutan.

Menggunakan Laporan Arus Kas

Cara paling efektif untuk melacak arus kas perusahaan Anda adalah melalui laporan arus kas (atau laporan).

Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pandangan keseluruhan dari semua uang yang masuk dan keluar dari rekening bank bisnis Anda, dan pada dasarnya untuk memahami posisi kas perusahaan Anda (baik positif atau negatif) setiap bulan.

Melacak posisi kas Anda jauh lebih penting dan mendasar untuk menjaga perusahaan Anda tetap bertahan.

Pernyataan biasanya dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Kas dari aktivitas operasi
  2. Kas dari aktivitas investasi
  3. Kas dari aktivitas pendanaan

Di semua bagian tersebut Anda akan dapat mengidentifikasi setiap transaksi tunai (baik keluar maupun masuk) yang terjadi dalam bisnis Anda.

Pengeluaran Anda akan dipotong dari pemasukan Anda untuk mendapatkan arus kas bersih bisnis Anda.

Metode Sederhana untuk Menyiapkan Laporan Arus Kas

  • Gunakan perangkat lunak akuntansi: alat tertentu akan terintegrasi untuk membantu Anda menyusun laporan arus kas. Jika Anda tidak yakin bagaimana menggunakannya, mintalah akuntan Anda untuk membantu Anda.
  • Temukan bantuan online: banyak layanan tersedia online untuk menghubungkan Anda dengan para ahli atau menawarkan template dan alat gratis untuk memungkinkan pemilik bisnis menyusun laporan arus kas. Coba templat ini menurut Bench atau SCORE untuk membantu Anda memulai.

Mengapa Menggunakan Laporan Arus Kas?

  • Untuk melacak dari mana uang bisnis Anda berasal
  • Untuk memahami dimana bisnis Anda menghabiskan uang paling banyak
  • Untuk mendapatkan ‘realitas tunai’ bisnis Anda, sebagai lawan dari akuntansi abstrak
  • Untuk melihat ketidakkonsistenan atau kekurangan kas dan membantu Anda merencanakan arus kas masa depan. Semakin lama Anda menunggu untuk memperbaiki kekurangan uang tunai, semakin jauh arus kas bisnis Anda akan turun.

Kesimpulan

Arus kas sangat penting untuk mengontrol bisnis yang dijalankan agar bisa meminimalisir kegagalan dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga : Analisa Arus Kas untuk Pemilik Usaha Kecil

Jika Anda membutuhkan Aplikasi Kasir yang bisa membantu mengelola bisnis Anda. Download aplikasi kasir disini.

Kunjungi Instagam dan Facebook Yapos untuk mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya