Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Strategi Branding untuk Usaha UMKM

Strategi Branding untuk Usaha UMKM – Halo sahabat yapos, sebagai seorang yang memiliki bisnis strategi setelah menentukan produk dan market adalah membuat brand atau identitas untuk produk. Brand atau identitas ini merupakan kebutuhan untuk mendorong dan mempercepat pemasaran produk Anda.

Mari kita lihat dengan brand AQUA, Pompa Air SANYO, Sabun cuci baju Rinso, mereka semua sukses membuat para pembeli ketika membeli produk akan menyebut nama mereka, misal saja membeli air mineral yang disebut adalah brand AQUA bukan air mineral.

Itu yang dinamakan proses dalam mengatur pikiran bawah sadar yang akan tertanam pada konsumen.

Lalu bagaimana strategi branding yang baik untuk usaha UMKM :

1. Kenali target market

PR pertamamu adalah kenali market Anda. Lakukan riset terkait penggunaan sosial media target market Anda. dan cari tahu konten seperti apa yang mereka suka apa video, gambar, foto dll..

Ketika Branding yang Anda lakukan sudah mulai berjalan maka Anda harus sering melihat efektivitas dari konten yang telah dibuat. ketika membuat konten yang diminati oleh market Anda, berarti Anda tinggal menunggu penjualan datang pada bisnis Anda

2. Tentukan Platform Marketing

Menentukan platform marketing untuk branding sangatlah diperlukan, oleh karena itu kamu harus memahami step 1. jika pada step 2 kamu hanya perlu melakukan pendekatan terhadap calon customer dengan memberikan reaksi terhadap setiap ketertarikan pada brand Anda, seperti rajin membalas komentar dan memberi like pada postingan mereka.

Bangunlah konten yang dapat memberikan dampak positif kepada calon pembeli. Hal ini memiliki dampak yang sangat baik terhadap brand yang sedang Anda bangun.

3. Buat Identitas yang Kuat

Identitas brand yang kuat akan membantu brand Anda terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor. Identitas brand bisa berupa visual yang menarik dan konsisten, serta ditambah dengan tagline sesuai gaya komunikasi brand Anda. 

4. Konsisten

Membangun brand memang membutuhkan waktu, tinggal kamu bisa konsisten apa tidak.

Selamat berkarya dan Salam sukses dari sahabatmu Yapos.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya