Cara Membuat Perencanaan Bisnis untuk Memulai Bisnis Baru

Cara Membuat Perencanaan Bisnis untuk Memulai Bisnis Baru

Cara membuat Perencanaan bisnis untuk memulai bisnis baru – Halo selamat datang di blog Yapos. Ketika memulai bisnis hal yang harus dipersiapkan adalah perencanaan bisnis. Bisnis plan berguna sebagai panduan yang digunakan untuk memulai perjalanan bisnis agar bisa mengatasi segala permasalahan yang dihadapi. Karena jika menjalankan bisnis kita tidak mungkin selamanya berjalan dengan lancar.

Business Plan umumnya berisi tentang perencanaan terpadu seperti pemasaran, keuangan, manufaktur dan sumber daya manusia. 

Alasan Pembuatan Business Plan

  • Dokumen, Dokumen yang dibuat harus memiliki ide dan perencanaan secara detail. Hal ini berguna sebagai panduan untuk menjalankan bisnis dan menarik investor.
  • Jika business plan Anda benar-benar matang dan terperinci, ini akan membantu Anda dalam perubahan ide bisnis agar terus berkembang di kemudian hari. Oleh karena itu, pertimbangkanlah segala unsur-unsur dalam business plan.
  • Dengan memiliki business plan, kita dapat mengetahui pencapaian yang sudah kita dapatkan.
  • Kita bisa meminimalisir permasalahan yang bisa terjadi dimasa depan.
  • Business plan membuat kita menyusun struktur bisnis, kejelasan bisnis, pekerjaan yang dikerjakan, pelaksana pekerjaan, timeline, dll. Dengan begitu bisnis yang dijalankan lebih tertata dan memiliki panduan.
  • Dengan business plan lebih memudahkan kita dalam membuka cabang atau outlet baru. Menambahkan mitra bisnis dan franchise menjadi lebih mudah.

Lalu bagaimana caara membuat business plan yang baik? Berikut ini caranya :

Melakukan Riset

Melakukan riset merupakan dasar yang penting dalam membuat business plan. Lakukan riset secara detail dan tentukan target pasar.

Lakukan analisa produk yang ingin di kembangkan dan bagaimana kompetitor kita menjalankan bisnis, cari apa kelebihan kompetitor dan kekurangannya dan jadikan value berbeda pada produk kita.

Menetapkan Tujuan Bisnis

Penting bagi kita untuk menentukan tujuan bisnis, pada dasarnya tujuan adalah sesuatu tindakan yang ingin dicapai, dengan memiliki tujuan yang jelas kita bisa mengambil keputusan ketika tujuan kita tidak tercapai.

Membuat Company Profile

Untuk mengenalkan bisnis yang dijalankan, kita membutuhkan company profile. Company Profile bisa kita buat berupa website, video, dokumen, dll untuk digunakan presentasi agar bisa mendapatkan pendanaan, mitra bisnis dsb.

Buat company profile secara detail untuk menjelaskan kapan bisnis didirikan, produk yang dijual dan jasa yang ditawarkan, target pasar, serta bagaimana bisnis Anda berjalan.

Memiliki Strategi Marketing

Buat strategi marketing yang efisien dengan perhitungan budget yang matang, kita bisa menggunakan sosial media, email, website dan iklan digital untuk strategi marketing.

Mencatat Seluruh Transaksi Keuangan

Mencatat semua transaksi keluar dan masuk termasuk dalam business plan, dengan mengetahui setiap transaksi kita bisa mendapatkan laporan dan menganalisa untuk kemajuan bisnis kita.

Yapos selalu mendorong pembaca untuk lebih cermat ketika menjalankan bisnis, untuk mengontrol bisnis dengan mudah adalah menggunakan sistem yang bisa menghasilkan laporan secara otomatis, sehingga kita selaku pemilik bisnis bisa lebih fokus ke bisnis.

Semoga bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan aplikasi yang mampu membantu meningkatkan penjualan.

Jangan sungkan untuk menghubungi kami atau install Yapos di playstore

Mau tahu lebih detail tentang yapos? klik banner dibawah.

Kesimpulan

Dengan membuat perencanaan bisnis yang tepat dapat membantu meningkatkan performa bisnis yang Anda jalankan.

Kunjungi Instagam dan Facebook Yapos untuk mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya