Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kenali dan Pahami Media Sosial yang Tepat untuk Mempromosikan Usaha Anda.

Jika membicarakan hal yang satu ini bakal ada banyak topik yang bisa kita angkat, namun kali ini akan fokus untuk optimalisasi media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan. Saat ini memang media sosial bukan hanya digunakan untuk bersosialisasi ataupun membangun komunitas, fungsi dan tujuan media sosial semakin lama sudah dijadikan untuk meningkatkan penjualan bagi para pebisnis millenial. Hal ini sangat bagus karena dengan seperti ini memunculkan inovasi yang lebih dan lebih lagi untuk meningkatkan penjualan, mungkin nanti bisa berjualan menggunakan sosial media yang langsung terintegrasi dengan payment method, bisa jadi fungsi marketplace sendiri akan tergeser karena banyaknya pengguna sosial media saat ini.

Nah sosial media sendiri itu memiliki karakter yang berbeda, misal seperti instagram dengan konten foto dan video yang bisa di komen dan di share, kemudian dengan Tik Tok dengan konten video yang bisa diedit dan dirubah langsung tanpa perlu aplikasi yang lain.

Saat ini memang media sosial bukan hanya digunakan untuk bersosialisasi ataupun membangun komunitas, fungsi dan tujuan media sosial semakin lama sudah dijadikan untuk meningkatkan penjualan bagi para pebisnis millenial. Hal ini sangat bagus untuk memunculkan inovasi yang lebih dan lebih lagi untuk meningkatkan penjualan, mungkin nanti bisa berjualan menggunakan sosial media yang langsung terintegrasi dengan payment method, bisa jadi fungsi marketplace sendiri akan tergeser karena banyaknya pengguna sosial media saat ini.

Terus gimana caranya untuk meningkatkan penjualan menggunakan media sosial?

Akan dijelaskan berdasarkan media sosial yang digunakan,

  1. Facebook
    Facebook bisa dibilang sebagai platform terbesar dengan pangguna yang paling banyak di seluruh dunia, Indonesia terdapat 130 juta pengguna facebook dari kalangan muda hingga tua. Jika target atau sasaran pasar Anda ada di sana saya sarankan gunakan fitur unggulan facebook, yaitu:

    Facebook Ads
    Facebook For Business


    Anda bisa membuat konten yang memiliki manfaat menggunakan kedua fitur tersebut untuk menjangkau terget pasar Anda, dengan begitu tingkat kepercayaan bisnis Anda akan naik.
  2. Instagram
    Tak kalah dengan facebook, Instagram memiliki jumlah user sebanyak 61 juta di Indonesia. Karena Instagram milik Facebook, fitur yang ada di Instagram juga sama, yaitu:

    Instagram Ads
    Instagram For Business

    Namun para pengguna Instagram kebanyakan kaum remaja atau millenial, jadi pastikan sosial media yang digunakan sesuai dengan target pasar ya.
  3. Twitter
    Walaupun Twitter adalah media sosial yang kurang diminati oleh masyarakat Indoneisa, tapi konon katanya pengguna Twitter merupakan orang ornag yang memiliki tingkat kecerdasan dan wawasan lebih ketimbang sosial media lainnya. Hmmmmm benar begitukah?

    Jumlah pengguna Twitter di Indonesia yaitu sebanyak 56% dari jumlah pengguna internet. Namun jika dilihat dari angka statistik, market share di Twitter Indonesia terus meningkat. Twitter bisa jadi salah satu sosial media untuk meningkatkan penjualan. 
  4. Whatsapp
    Whatsapp sendiri adalah sosial media dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

    120 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp di ponsel mereka, dari remaja hingga dewasa menggunakan aplikasi Whatsapp.

    Whatsapp sendiri adalah sosial media untuk berkomunikasi, bisa dengan telfon, chating, video call bahkan video conference.

    Whatsapp sendiri memiliki fitur yaitu Whatsapp Business, dalamWhatsapp Business ada beberapa fitur yang dapat digunakan untuk memasarkan produk. yaitu :

    Tampilan Profil Bisnis. Fitur ini memberikan centang biru pada profil whatsapp, sehingga terlihat lebih kredibel.

    Balas Pesan Otomatis. Fitur ini dapat memberikan kemudahan untuk membalas chat secara otomatis, sehingga akan mempermudah dan mempersingkat waktu.
    Label. Fitur ini dapat memberi kemudahan untuk mengetahui tipe pelanggan Anda.

    Statistik. Fitur ini akan menampilkan statistik broadcast pesan Anda.
    Dari data statistik ini bisa diambil data untuk digunakan profiling calon pembeli Anda.
  5. Tiktok
    Pernah diblock sama pemerintah indonesia karena memiliki konten yang negatif untuk anak anak dan remaja, kali ini Tiktok menjadi aplikasi yang digandrungi oleh masyarakat indonesia. Tercatat sebanyak 10 juta pengguna Tiktok di Indonesia.
    Tiktok banyak diminati remaja di usia 14 – 25 tahun. Jika target pasar Anda berada pada rentan usia tersebut, Tiktok patut diperhitungkan.

    Tiktok juga memiliki fitur yang gk kalah dengan facebook dan Instagram, Anda juga bisa beriklan menggunakan fitur Tiktok Ads.
  6. YouTube
    Dengan pengguna terbanyak di Indonesia Youtube menjadi media sosial yang sangat berpotensi membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda, total 150 juta pengguna internet, ada 88% pengguna yang menggunakan YouTube. 

    Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, ini merupakan wadah yang pas untuk mempromosikan produk Anda, yang perlu dilakukan hanyalah fokus membuat konten yang mengedukasi market agar memiliki banyak penonton. Dengan begitu banyak orang yang melihat produk Anda.

    Nah yang paling mudah untuk menjangkau market yang lebih luar, gunakan youtube ads untuk mengajak orang lain menonton video Anda.

Jadi gimana menurutmu, Media Sosial mana yang tepat untuk dijadikan tempat mempromosikan produkmu.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya