Cara Mudah Menentukan Harga Jual Produk

Cara mudah menentukan harga jual produk – Saat ingin membuat produk untuk dijual Anda harus bisa menentukan harga produk. sebab itu bisa menentukan keberlangsungan bisnis Anda di masa depan.

Saat Anda sudah menentukan harga jual yang sesuai dengan rata-rata harga pasar namun tidak memiliki pelayanan dan produk terbaik, maka usaha Anda akan sulit untuk mendapatkan pelanggan setia.

Harga yang sesuai dengan produk akan memberikan keuntungan kepada bisnis Anda. Berikut ini cara menentukan harga produk agar tetap untung.

1. Margin Pricing

Jika Anda ingin menentukan harga jual produk ke pelanggan dengan menentukan harga jual terlebih dulu cara ini disebut dengan margin pricing, berikut ini caranya :

Margin = (harga jual – harga modal) : harga jual

Misalkan, Anda menjual Es Teh dengan harga Rp5.000,00 per gelas. Untuk membuat segelas es teh tersebut, Anda membutuhkan modal sebesar Rp3.000,00. Maka, margin keuntungan yang didapatkan yaitu:

Margin = (5.000 – 3.000) : 5.000
Margin = 2.000 : 5.000
Margin = 0,4 atau 40%

Jadi, dengan harga jual Es Teh sebesar Rp5.000 dengan modal Rp3.000,00, margin keuntungan yang akan Anda dapatkan sebesar 40% atau sebesar Rp2.000,00.

2. Mark up Pricing

Cara ini memiliki kemiripan dengan yang pertama, namun ada perbedaan pada saat menentukan presentase keuntungan di taruh diawal sebelum menentukakn harga jual produk. Jadi, cara menghitungnya adalah dengan menggunakan rumus berikut ini:

Harga Jual = (Harga Modal x Persentase Keuntungan) + Harga Modal 

Misalnya, Anda harga modal Anda untuk memproduksi menu Rice Bowl Chiken adalah sebesar Rp30.000 per porsi. Kemudian, persentase keuntungan yang ingin didapat sebesar 50%. Maka harga jualnya yaitu:

Harga jual = (30.000 x 50%) + 30.000 
Harga jual = 15.000 + 30.000
Harga jual = Rp45.000,00

Dengan begitu produk yang dijual per porsi adalah Rp45.000,00, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp15.000,00.

Baca Juga : Pentingnya membuat laporan bisnis untuk usaha

3. Bundle Pricing

Cara yang ketiga ini sangat mudah dan sederhana. Sebab, Anda tidak dipusingkan dengan menghitung presentase dari target penjualan Anda. Cukup dengan harga modal untuk menentukan harga jual dengan cara bundling. Rumusnya sebagai berikut :

Harga Jual = Harga Modal x 2

Contohnya, Anda menjual Steak Asap dengan modal sebesar Rp60.000. Jika tidak dijual secara bundling, harga menu ini adalah Rp90.000 karena Anda mengambil margin sebesar 50%. 

Akan tetapi Anda ingin menjual produk ini dengan promo bundling untuk menarik minat pelanggan. Dengan menjual Rp120.000,00 pelanggan akan mendapatkan dua porsi dan pelanggan telah berhemat Rp60.000 daripada mereka membeli secara terpisah. 

Dengan menggunakan cara diatas Anda tidak pusing lagi untuk menentukan harga jual produk untuk memperpanjang umur usaha Anda.

Selain menentukan harga jual yang tepat, Bisnis Anda juga membutuhkan pencatatan keuangan untuk memudahkan Anda mengelola bisnis. Untuk itu, Anda bisa mengandalkan aplikasi kasir online seperti Yapos. 

Mau tahu lebih detail tentang yapos? klik banner dibawah.

Kesimpulan

Dengan menentukan harga jual produk dapat memperpanjang umur bisnis Anda, ini juga harus disesuaikan dengan pelayanan yang baik agar mudah mendapatkan pelanggan setia untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

Tips Bisnis
Yapos

6 Tips dasar menjalankan bisnis

10 Tips dasar menjalankan bisnis – Memulai usaha adalah hal yang sulit, butuh waktu, tenaga, biaya, konsistensi dan lain-lain. Orang Indonesia yang sukses saat ini

Read More »