5 Tips Copywriting Terbaik untuk Pemula

Copywriting bisa jadi menantang, terutama di awal. Penulis konten dan copywriter baru sering merasa berat untuk menghasilkan kata, nada, gaya, dan bahasa yang tepat untuk secara efektif menarik perhatian pelanggan sambil secara halus membujuk mereka untuk mengambil tindakan. 

Untuk membantu Anda dalam hal ini, ada banyak tip copywriting untuk pemula di Internet. Namun, melewati masing-masing dari mereka adalah tugas yang menakutkan dan yang pada akhirnya dapat membingungkan Anda daripada membantu Anda. Itulah sebabnya kami telah mencantumkan 5 tip copywriting terbaik untuk pemula. 

1. Hindari kata-kata yang berat; tetap sederhana!

Sementara siapa pun bisa menjadi copywriter, tidak semua orang bisa menjadi hebat dalam hal itu. Copywriter yang hebat dibedakan oleh kemampuan mereka untuk menggunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan ringkas namun menggerakkan pelanggan untuk bertindak. 

Sangat mudah untuk terombang-ambing oleh kata-kata berat saat Anda baru mengenal copywriting dan penulisan konten. Menjadi sulit untuk tidak tergoda oleh jargon dan kata-kata sulit dalam kosakata Anda. Namun, rata-rata, sebagian besar pelanggan lebih menyukai bahasa percakapan dan kata-kata daripada kata-kata ‘bertele-tele’. Kata-kata yang berat membuat Anda menonjol karena kosakata dan keterampilan bahasa Anda yang luas, tetapi kata-kata itu gagal dipahami oleh kebanyakan orang. 

Gunakan kata-kata percakapan yang sederhana sehingga pelanggan tidak perlu membuka kamus mereka. Tulisan yang jelas dan ringkas mampu membuat penonton terkesan dan terpengaruh. Dengan cara ini, Anda juga akan meningkatkan jangkauan salinan, sehingga membantu penetrasi pasar. 

2. Gunakan kata-kata yang kuat

Kata-kata yang kuat, yah, kuat. Cukup ampuh untuk meyakinkan dan memikat penonton. Itulah mengapa Anda harus menggunakannya untuk membuat salinan Anda sempurna. Kata-kata yang kuat dapat digunakan di mana saja dan memiliki kekuatan untuk menimbulkan respons emosional, baik positif maupun negatif. 

Beberapa kata-kata kekuatan yang dapat Anda gunakan untuk menulis salinan lengkap adalah,

  • Peringatan
  • Awas
  • Bahaya
  • Meretas
  • Gagal
  • Luar biasa
  • Bahagia
  • Epik
  • Memberdayakan
  • Senang
  • Tanpa cela
  • menawan
  • Daya tarik
  • Membuat penasaran
  • Magnetik
  • Menyesatkan
  • Diskon
  • Buru-buru
  • Autentik
  • Terjamin
  • Rahasia

Kata-kata ini membangkitkan rasa ingin tahu, kemarahan, keserakahan, dan perasaan takut, terangsang, geli, aman, dan bersemangat. Penulis konten, pemasar, penulis, dan copywriter menggunakan kata-kata yang kuat untuk memikat dan memengaruhi pembaca. 

Baca juga : Sukses Dalam Mengelola Bisnis dengan Metode SCRUM

3. Perhatikan

Setengah dari pembelajaran adalah mengamati dan mempraktikkannya. Jadi, lain kali Anda menemukan iklan yang menarik di TV, Internet, surat kabar, radio, atau majalah, pastikan untuk memperhatikannya. Amati dan analisis dengan cermat bagaimana kata-kata atau jingle tertentu telah digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan. 

Anda juga dapat membandingkan salinan merek berbeda yang menawarkan produk yang sama untuk melihat bagaimana satu produk dapat dipasarkan secara berbeda. Ini akan memberi Anda ide-ide baru untuk diterapkan. Perhatikan baik-baik bagaimana ide itu disampaikan dan bagaimana pelanggan dibujuk secara halus. Saat Anda melakukannya, ingatlah untuk mengamati dari sudut pandang copywriter dan pelanggan.

4. Jangan takut untuk bereksperimen 

Seorang copywriter diharapkan untuk membuat konten untuk klien, produk, dan layanan yang berbeda. Salinan ini diterbitkan di berbagai platform seperti media sosial, buletin, majalah, dll. Salinan sering kali bervariasi dalam panjang, format, nada, dan bahasa. Ketika setiap aspek copywriting berubah-ubah dan dapat berubah, konten juga harus berbeda setiap saat. 

Sebagai copywriter, Anda akan diminta untuk membuat salinan unik. Bahkan jika Anda adalah orang yang sangat kreatif, ada kemungkinan Anda akan kehabisan ide. Dan ketika Anda melakukannya, bereksperimen dengan konten akan menjadi satu-satunya cara untuk terobosan. 

Bereksperimen dengan bahasa, nada, kata-kata, atau gaya penulisan Anda adalah cara yang bagus untuk menjaga pekerjaan Anda tetap segar dan menarik. Untuk menarik pembaca, Anda bisa memasukkan ironi, sarkasme, lelucon, atau meme. Jika Anda telah menulis salinan dengan nada formal, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengadopsi gaya informal. Kau tak pernah tahu; Anda mungkin menemukan sesuatu yang sangat Anda kuasai. 

5. Membujuk, jangan memaksakan!

Copywriting adalah tentang membujuk pembaca untuk mengambil tindakan tertentu. Copywriter baru sering kali merasa kesulitan untuk menggunakan kata-kata persuasif yang tepat tanpa terdengar mengesankan. Seorang pembaca harus mendapatkan semua informasi yang relevan tentang produk atau layanan tanpa merasa berkewajiban untuk mengambil tindakan. Jika Anda terlalu sering menggunakan kata-kata persuasif atau bahasa yang kuat, itu bisa membuat marah, menyinggung, dan mengganggu pembaca. 

Sebaliknya, gunakan kata-kata yang kuat untuk mendorong mereka mengambil tindakan. Pikat pelanggan untuk berpikir bahwa mereka kehilangan produk terbaik dengan cara yang positif. Bangkitkan emosi dan perasaan mereka dengan menggunakan kata-kata yang memicu emosi tersebut. Cobalah untuk menggunakan kata-kata yang lembut dan persuasif, dan jangan terlalu keras. 

Kesimpulan

Copywriting adalah karir yang berkembang yang sangat dicari. Seorang copywriter diperlukan untuk membuat kata-kata klik bersama, menarik pembaca, dan meyakinkan mereka tentang produk. Anda akan membuat konten kreatif dan menantang batasan Anda. Dunia copywriting, pada awalnya, mungkin tampak menakutkan dan luar biasa. Dengan Internet yang dipenuhi dengan tips copywriting untuk pemula, Anda mungkin merasa lebih tersesat daripada di awal. Untuk menghindari tenggelam dalam tips ini, ikuti beberapa yang dipilih untuk membangun basis Anda. Kemudian, terus tambahkan keterampilan dan formula baru ke pangkalan ini.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

tiktok untuk bisnis
Teknologi
Yapos

Fitur Tiktok untuk Bisnis

Fitur Tiktok untuk Bisnis – Halo yapos, selamat datang di aplikasi kasir yapos, Ingin tahu bagaimana cara menggunakan TikTok untuk bisnis Anda? Mencari kiat untuk meningkatkan

Read More »
10 Bisnis yang ramai di tahun 2023
Tips Bisnis
Yapos

Tips mengelola keuangan usaha kecil

Tips mengelola keuangan usaha kecil – Halo yapos, selamat datang di aplikasi kasir yapos, Mengelola keuangan Anda dengan benar adalah cara untuk menstabilkan perusahaan dan

Read More »