Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
cara umkm go international

UMKM GO International

Bersaing dikanca Internasional merupakan suatu kebangganan bagi UMKM Indonesia. apalagi saat ini sudah didukung oleh pemerintah Indonesia dengan adanya program Eksportir untuk UMKM sebanyak 500 ribu produk. ini merupakan kabar yang sangat baik untuk para pelaku usaha mikro yang mau produknya dikenal dirana internasional.

Untuk bisa mengenalkan produk kamu di tingkat Internasional kamu bisa meningkatkan daya saing dengan produk luar negri yang lain, produk UMKM yang sering dieksport itu meliputi makanan ringan, bahan obat atau kecantikan, kerajinan tangan, batik dan lain-lain.

Pesaing terberat oleh UMKM indonesia adalah produk dari China dan Vietnam, karena mereka memiliki produk yang mempunyai nilai produksi yang sangat murah oleh karenanya produk mereka sangat murah tapi untuk kualitas dan originalitas produk mereka masih kalah dengan UMKM Indonesia.

Untuk eksport produk ke negara lain yang pertama kamu harus menentukan target market yang pas, jangan sampai dengan kualitas yang biasa dari negara China kamu menjual dengan harga yang terlampau tinggi.

Pahami market place yang bisa membantu kamu untuk menjual produk di luar negri. berikut ini market place yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk ke luar negri.

  1. Amazon
    Amazon merupakan prusahaan teknologi multinasional, Amazon berbasis di eropa dan meurapakan e-commerce terbesar didunia. Amazon adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada e-commerce, cloud computing, streaming digital, dan kecerdasan buatan.
    Jadi pastikan kamu paham akan tujuan export kamu.
  2. Walmart
    Berbeda dengan Amazon, Walmart adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada jaringan hypermarket, department store, dan toko grosir.
    Jadi pastikan dulu jika mau eksport produk, karena saat memilih e-commerce yang beroperasi hingga luar negri kamu harus paham market.
  3. Ebay
    Bereda jauh dengan Amazon dan Wallmart, Ebay adalah marketplace yang memiliki produk yang bisa dijual oleh banyak orang, atau bisa dibilang sebagai dropshopper. Ini adalah pilihan yang cocok untuk kamu yang mau produknya bisa eksport ke international, karena dengan dibantu dengan banyak orang produkmu bisa dikenal dengan cepat sehingga bisa eksport dengan mudah.
  4. Alibaba
    Sama halnya dengan Amazon dan Wallmart, cuman alibaba cenderung beroperasi di benua Asia, karena Alibaba memiliki banyak pengguna dari negara China, Jepang, Thailand, Shingapore dan Indonesia, ini bisa jadi pilihan kamu untuk bisa eksport produk ke negara-negara di benua Asia khususnya.
  5. Aliexpress
    Aliexpress merupakan salah satu perusahaan yang berada pada alibabagroup, tidak jauh berbeda dengan alibaba, jadi kamu bisa menggunakan ini untuk ekport produk ke negara-negara di benua Asia.
  6. Google Express
    Google juga ingin mengembangkan bisnisnya dengan mulai masuk ke marketplace, dimana kamu hanya membutuhkan KTP dan NPWP untuk dapat berjualan di Google Express.
  7. Etsy
    Etsy merupakan marketplace yang berfokus dalam berbagai kategori kerajinan tangan, termasuk perhiasan, tas, pakaian, dekorasi dan furniture rumah, mainan, seni, serta perlengkapan dan peralatan kerajinan.
    jika kamu memiliki produk yang serupa ini adalah tempat yang sangat cocok untuk kamu bisa eksport produk ke luar negri.
  8. Target.com
    Marketplace satu ini bisa dibilang sama dengan tokopedia di Indonesia, produk yang dijual masih dalam kategori umum. kamu bisa menggunakan ini untuk menjual produk kamu agar bisa eksport ke luar negri
  9. Wayfair
    Sama dengan Ebay, Wayfair adalah platform untuk berjualan dengan memiliki banyak dropshipper namun produk yang dijual lebih ke produk furniture saja. jika kamu memiliki produk yang sama kamu bisa memanfaatkan ini dengan baik untuk eksport produkmu ke luar negri.
  10. Newegg
    Newegg adalah merketplace yang khusus untuk menjual perangkat elektronik, jika produk kamu bukan produk elektronik jangan harap kamu akan disetujui untuk berjualan di sini.

Jika Kamu ingin menjual produk ke luar negri atau ingin produkmu bisa eksport dengan mudah, kamu bisa menggunakan marketplace diatas untuk menjual produk kamu dengan target market yang sama.

semangat dan jangan lupa untuk menggunakan aplikasi kasir yapos untuk meningkatkan usaha kamu.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya