Cara Mudah Mengelola Stok Gudang Untuk Pengusaha Retail

Cara Mudah Mengelola Stok Gudang Untuk Pengusaha Retail – Sebagai seorang pengusaha retail, menghitung jumlah stok produk merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengetahui ketersediaan dan perkembangan suatu produk.

Produk yang dijual tentu saja memiliki kadaluarsa, untuk menghindari produk yang dijual kepada pembeli dalam keadaan yang kurang bagus maka harus dilakukan pengecekan secara rutin pada gudang penyimpanan produk.

Gudang sendiri dibuat untuk menyimpan hasil produksi agar tehindar dari “out of stockæ atau kekosongan produk, jika produk kosong maka omzet akan turun karena tidak ada pembelian produk.

Jika produk yang dijual masih sedikit masih bisa dilakukan secara manual namun jika sudah mencapai ratusan bahkan ribuan produk ini akan membutuhkan waktu dan tim khusus. Berikut ini adalah cara mudah mengelola stok produk di gudang :

1. Memiliki Gudang Penyimpanan

Saat memulai bisnis retail pastikan Anda memiliki rak-rak yang bisa memberikan informasi tentang stok produk dan masa aktif atau kadaluarsa produk. Meskipun usaha Anda terbilang baru dan kecil ini harus dilakukan untuk memudahkan Anda dalam memperbarui status produk.

Rak pada gudang juga memiliki fungsi yang sangat baik untuk usaha retail, ini dapat memudahkan Anda dalam mengelola dan mendapatkan informasi produk.

2. Mempersiapkan Data Seakurat Mungkin

Dengan data yang akurat dalam pengelolaan produk dapat membantu Anda lebih cepat menemukan produk dalam status yang kosong atau kadaluarsa. Gunakan staff atau tim khusus yang hanya bertugas dalam mencatat keluar masuk stok produk.

Tim atau staff khusus ini bertanggung jawab penuh untuk memberikan informasi kepada Anda secara akurat dan detail dari mengelola stok produk di gudang.

3. Pisahkan Stok Baru dan juga Stok Lama

Jangan mencampur stok produk baru dengan stok produk lama, karena ini bisa membungungkan Anda dalam melakukan pengecekan dan pencatatan stok barang.

Dengan memsisahkan keduanya Anda lebih mudah untuk mengetahui stok produk dan masa kadaluarsa produk.

4. Memberikan Kode di Setiap Barang Anda

Kode pada produk bisa membantu mempermudah pelanggan ketika melakukan transaksi, sebagai contoh Anda memiliki katalog online dengan ratusan produk, pelanggan hanya akan mengingat kode produk yang Anda buat untuk melakukan transaksi dan sebagai staff kasir bisa lebih mudah dalam melakukan perekapan penjualan.

Selain itu kode produk dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan stok di dalam gudang. Sebagai contoh, Anda memiliki ribuan produk dan ratusan produk, dengan menggunakan kode produk Anda dan staff lebih mudah dalam melakukan pencarian produk.

Secara sederhana jika Anda menjual minuman kemasan dengan total 50 produk, Anda bisa menggunakan kode 001-050 dan mengelompokkkan setiap 10 produk dalam 1 kotak jadi total Anda memiliki 5 kotak minuman kemasan. Dengan penjelasan minuman dengan kode 001-010 ada di kotak 1 dan 011-020 ada di kotak 2 dan begitu seterusnya. Ketika ada pelanggan membeli dengan kode produk 002 maka staff Anda hanya akan datang pada kotak 1. mudah bukan.

5. Melakukan Pencatatan secara Rutin

Pencacatan ini dilakukan setiap ada produk yang masuk dan keluar pada gudang. Proses ini disebut dengan Stock Opname, dimana staff akan melakukan perhitungan fisik produk yang ada pada gudang kemudian di bandingkan dengan laporan yang sudah dibuat dalam periode tertentu. Contohnya jika malakukan pencatatan setiap seminggu maka staff harus membawa laporan pencatatan stok produk di minggu pertama saat melakukan pengecekan pada minggu ke dua.

Mungkin dari 5 point itu akan terasa berat dan membutuhkan biaya yang cukup besar karena harus ada tambahan staff khusus yang menangani terkait informasi stok produk yang ada di gudang.

Baca Juga : Membuat bisnis muncul di google maps

Anda bisa menggunakan sistem yang sudah didesain khusus untuk membantu dalam pengecekan stok, dengan menggunakan sistem Anda bisa mengehemat biaya dan waktu dalam pengecekan stok produk yang ada pada gudang. Untuk itu, Anda bisa mengandalkan aplikasi kasir online seperti Yapos. 

Mau tahu lebih detail tentang yapos? klik banner dibawah.

Kesimpulan

Dengan menemukan lokasi yang tepat bisa membantu Anda untuk mendatangkan pelanggan dengan mudah.

Kunjungi Instagam dan Facebook Yapos untuk mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis.

Leave a Reply

Aplikasi Bisnis Yapos

Yapos Aplikasi Penunjang Bisnis yang terintegrasi dengan koneksi internet sehingga memudahkan bisnis Anda.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

Tips Bisnis
Yapos

Apa itu Arus Kas?

Apa itu arus kas? – Arus kas adalah aliran masuk dan keluar uang tunai dari suatu perusahaan atau entitas bisnis selama periode waktu tertentu. Ini

Read More »