Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
SALES FUNNEL

Cara Membuat Sales Funnel dengan Cepat

Apa sih sales funnel itu? Sales funnel adalah cara untuk bisa mendapatkan data dari customer dengan menggunakan beberapa teknik funneling.

Berbicara tentang Sales Funnel tidak lengkap jika tidak mengetahui apa itu digital marketing.

Strategi ini digunakan untuk menarik calon pelanggan Anda dengan membuat konten atau artikel yang menarik, sehingga mereka tertarik untuk mengisi form yang telah Anda sediakan.

Itulah kenapa teknik Funneling ini sangat dibutuhkan ketika berjualan produk secara online. Jika kamu tertarik dengan konten ini simak sampai selesai.

Cara Membuat Sales Funnel Sederhana dengan Mudah

Sebelumnya kamunharus mengerti apa tujuan dibuat sales funnel ini dan bagaimana bisa kamu mendapatkan data customer dengan membuat konten.

Teknik ini dapat menjelaskan produk anda kepada calon pelanggan, yang tadinya tidak kenal menjadi mengerti dan memahami produk kita kemudian menimbang dan memutuskan untuk membeli.

Hal yang dipertimbangkan saat membuat funnel

Sales funnel bisa digambarkan seperti corong air yang nantinya terlibat dalam teknik marketing.

Sales Funnel memiliki tahapan sebagai betikut :

  • Awareness/Attention
  • Interest
  • Decision
  • Action

Sales funnel bertujuan untuk mendapatkan data pribadi dengan cara menjangkau banyak calon pelanggan dengan copywriting atau video yang bisa disebut sebagai konten kemudian menjalin relasi yang baik.

Mereka yang menyukai konten yang kamu buat dengan mudah bisa mengikuti sosial media kamu, website, email dan lainnya. Dengan begitu kamu bisa mengolah data calon pelanggan serta mengklasifikasi calon pelanggan kamu dengan mudah.

Mengenal Tahapan Marketing Funnel

Ada 4 tahapan untuk bisa membuat Sales Funnel yang memiliki tingkat kesuksesan tinggi.

  • Awareness

Kamu harus membuat konten yang menarik untuk mengikat emosional calon pelanggan kamu, kamu bisa memaksimalkan iklan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Beberapa point penting yang harus kamu kuasai antara lain :

  • Ketahui apa permasalahan mereka.
  • Membuat konten yang bisa memberi pengetahuan atas permasalah mereka.
  • Berikan sebuah solusi terhadap kebutuhan mereka.
  • Interest

Interest atau ketertarikan adalah saat calon pelanggan kamu sudah mengerti manfaat dari produk kamu dan mereka sadar bahwa produk kamu dapat menjadi solusi dari masalah mereka.

Pada point ini usahakan kamu memberikan penawaran yang menarik, bisa dengan diskon atau produk tester.

  • Decision

Pada tahapan ini, pelanggan biasanya sedang mempertimbangkan terkait penawaran yang kamu berikan, mereka bisa saja memilih produk dari kompetitor kamu, usahakan kamu memahami permintaan calon pelanggan kamu.

Biasanya mereka masih butuh penjelasan lebih tentang benefit dan nilai tambah produk kamu dibanding kompetitor kamu, disini mereka akan sadar akan kelebihan produk yang kamu tawarkan.

  • Action

Langkah yang terakhir adalah action, kamu bisa mengubah calon pelanggan kamu dengan memberikan penawaran dari produk kamu yang lain, bisa jadi kamu menjual lebih dari satt produk.

Cara Membuat Sales Funnel

Dari penjelasan diatas, kami harap kamu mengerti atas apa yang kamu baca, selanjutnya kamu bisa praktik tentang cara membuat sales funnel.

  • Membuat dan membagikan konten yang bisa memberi manfaat.

Kamu bisa membuat konten yang beragam, bisa membuat artikel pada website, konten di instagram, facebook, YouTube, tiktok dan lain sebagainya, usahakan calon pelanggan kamu bisa melihat konten yang dibuat.

Tujuannya adalah agar brang atau produk kamu bisa dilihat dari konten yang kamu buat.

Kamu bisa belajar teknik Copywriting untuk membuat konten yang berkualitas.

  • Biarkan konten yang memilih calon pelanggan

Tidak semua calon pelanggan kamu akan tertarik dengan konten yang telah kamu buat, tapi yang jadi fokus utama kamu adalah calon pelanggan yang tertarik dengan konten kamu.

Kamu bisa membuat beberapa konten yang nantinya kamu jadikan sebagai analisa data kamu, konten seperti apa yang mereka sukai.

Jika kamu sudah tau winning konten kamu, selanjutnya kamu bisa memuat konten yang serupa.

  • Manfaatkan Email Marketing

Optimalkan email marketing, kenapa email marketing?

Dengan menggunakan email marketing usaha kamu terlebih profesional, ditambah saat ini email adalah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan kepada mereka yang menggunakan smartphone.

Gunakan Email merketing untuk memberikan penawaran pada produk kamu, manfaatkan ini untuk menjual lebih dari satu produk.

Kesimpulan

Sales Funnel merupakan teknik yang bagus untuk kamu yang melakukan penjualan di dunia maya ditambah dengan dukungan teknologi yang bisa kamu manfaatkan.

Sekarang saatnya kamu mau melangkah seperti apa untuk usaha kamu.

tetap semangat dan jangan putus asa.
bagikan artikel ini kepada teman atau keluarga kamu agar bisa sukses bersama-sama.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Artikel lainnya

Teknologi
Yapos

Cara Menerapkan Teknologi ke dalam Bisnis

Halo Yapoers, perlu kita ketahui bahwasannya banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pengusaha yang masih belum menggunakan teknologi, para pengusaha cenderung tetap menggunakan sistem konvensional

Read More »