Franchise Adalah Bisnis yang Terbaik

Franchise merupakan bisnis yang terbaik – Usaha retail memiliki beberapa pilihan yang dapat kamu gunakan antatra lain :

  • Skala Besar.
  • Skala Kecil.
  • Ritel Mandiri.
  • Franchise/Waralaba.
  • Corporate Chain.
  • Ritel Offline.
  • Ritel Online.

Dari beberapa jenis atau pililhan, bisnis retail dengan jenis franchise yang memiliki berbagai keuntungan.

Bisnis franchise adalah sebuah metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Contohnya bisnis franchise adalah KFC, Starbucks, Kebab babarafi, dll.

Keuntungan bisnis franchise.

Secara umum franchise adalah cara untuk memperbanyak jalur distribusi dagang dengan memberi hak paten pada produk. Pemegang bisnis franchise akan mendapatkan sebuah sistem operasional yang sudah dijalankan oleh anda dan diajarkan kepada pemegang bisnis franchise, bukan cuman itu baik logo, nama atau brand, serta dukungan dari pemilik franchise.

Franchise memiliki 2 tipe, pertama merek dagang. Pembeli hanya bisa menggunakan merek dagang yang dibeli dari penjual franchise. Kedua sistem bisnis, dimana pembeli hanya menerapkan sistem yang diajarkan tanpa harus membeli bahan baku. Tetapi pada umumnya 2 hal ini digabung menjadi satu.

Untuk memulai bisnis baru dibutuhkan ketekunan, rencana yang matang, mencari vendor dan menghitung produk, menentukan lokasi dll.

Dengan membeli franchise kamu tidak perlu memikirkan itu semua, kamu tinggal berjualan dan menerapkan sistem yang sudah terbentuk

Berikut keuntungan membuka bisnis franchise :

1. Memulai bisnis dengan cepat

Karena bisnis franchise memiliki model bisnis dan pengalaman dari pemilik franchise tersebut, ini bisa menjadi tutor untuk bisnis mu. Oleh sebab itu bisnis franchise jauh lebih cepat dari pada membuka bisnis yang belum ada pondasi bisnis.

Kamu akan memiliki menu makanan atau produk yang siap untuk dijual tanpa harus berfikir untuk membuat menu produk. Dan ini sangat membantu kamu untuk menjalankan bisnis lebih cepat

2. Pelatihan dan dukungan

Saat kamu membeli franchise, pemiik franchise akan mempercayakan kamu sebagai pembeli yang mengelola brand yang telah dibuat oleh pemiliknya. Pemilik franchise akan memastikan bahwa model bisnis dan operasional yang dijalankan sesuai dengan standard

Oleh karena itu pemegan bisnis franchise beserta karyawan akan mendapat pelatihan seputar operasional bisnis, teknis, keuangan, SOP yang sesuai standard dan lain sebagainya

Sebagai pemegang franchise kamu sudha menjadi bagian dari tim pemilik franchise. Jadi jangan pernah malu untuk menanyakan terkait bisnis yang kamu jalankan.

3. Pemilihan lokasi

Memilih loksai yang ideal untuk bisnis franchise bisa menjadi hal yang sulit, namun kebanyakan pemilik franchise yang sudah terkenal dan mapan memiliki tim yang dapat membantu kamu untuk menentukan lokasi yang ramai pengunjung dan lalu lalang pejalan kaki. Kamu tidak perlu khawatir akan pemilihan lokasi.

Tak perlu khawatir, seringkali pemilik bisnis franchise yang sudah mapan akan membantu Anda menemukan area yang optimal. Mereka akan melakukan penelitian manakah area yang paling sesuai untuk bisnis mereka.

4. Brand yang sudah terkena

Pada dasarnya kamu juga bisa membuat usaha ritel dengan konsep franchise sendiri, tapi kamu butuh waktu dan tim yang bisa bertahan dan berkembang. Berapa lama itu bisa terjadi?

Berbeda dengan kamu yang membuka bisnis franchise yang sudah terkenal dengan menjadi pemegang franchise. Ini akan lebih mudah dilakukan karen brand dan produk mereka sudah terkenal dimana-mana.

5. Biaya pemasaran

Jika kamu membuka bisnis retail sendiri berapa biaya pemasaran yang akan kamu anggarkan?

Biasanya anggaran yang sudah dibuat tapi hasilnya ridak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Pada dasarnya untuk mendatangkan pelanggan pasang promo diskon gede-gedean pelanggan akan berdatangan. Tapi apakah mereka akan menjadi pelanggan setia? Belum tentu.

Berbeda dengan bisnis franchise, mereka akan memperkuat brand produk untuk mendapatkan konsumen yang loyal, kamu tidak dipusingkan dengan teknik pemasaran yang digunakan, entah melalui media sosial atau iklan dan lain sebagainya. Mereka memiliki tim yang profesional untuk membangun brand mereka sehinggadapat diterima oleh konsumen

Coba pikirkan kembali sebelum membuka bisnis sendiri. Memang keuntungan yang didapatkan tidak pasti namun kamu bisa memulai bisnis franchise untuk belajar dari pemiliki franchise yang sudah sukses.

Salam sukses dari sahabatmu Yapos.

Leave a Reply

Aplikasi Bisnis Yapos

Yapos Aplikasi Penunjang Bisnis yang terintegrasi dengan koneksi internet sehingga memudahkan bisnis Anda.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

Teknologi
Yapos

Aplikasi Untuk Pemilik Bisnis

Aplikasi Penunjang Bisnis – Aplikasi seperti Yapos telah membantu banyak bisnis dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien. Dalam dunia bisnis yang kompetitif dan dinamis,

Read More »