10 Bisnis yang ramai di tahun 2023

Tips mengelola keuangan usaha kecil

Tips mengelola keuangan usaha kecil – Halo yapos, selamat datang di aplikasi kasir yapos, Mengelola keuangan Anda dengan benar adalah cara untuk menstabilkan perusahaan dan meminimalisir kegagalan dalam menjalankan bisnis.

Untuk mengelola keuangan perusahaan Anda, pastikan untuk membayar diri Anda sendiri, menjaga kredit yang baik, memantau pembukuan Anda dan merencanakan ke depan.

Pendanaan hutang untuk usaha kecil berarti biaya bunga di samping pembayaran, sementara pendanaan ekuitas tidak termasuk bunga tetapi mungkin datang dengan kontrol yang lebih kecil atas urusan perusahaan Anda.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis yang mencari saran tentang cara mengelola keuangan perusahaan mereka.

Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil. Seringkali, alasan bisnis kecil Anda berhasil adalah karena keterampilan yang Anda bawa untuk membuat produk atau menyediakan layanan Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan bisnis, itu bisa terasa seperti tugas dan Anda bisa tergelincir ke dalam kebiasaan keuangan yang buruk yang suatu hari nanti dapat membahayakan bisnis Anda.

Pentingnya mengelola keuangan bisnis Anda

Langkah terpenting bagi setiap pemilik bisnis adalah mendidik diri mereka sendiri. Dengan memahami keterampilan dasar yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kecil – seperti melakukan tugas akuntansi sederhana, mengajukan pinjaman atau menyusun laporan keuangan – pemilik bisnis dapat menciptakan masa depan keuangan yang stabil dan menghindari kegagalan. Selain pendidikan, tetap teratur adalah komponen utama dari pengelolaan uang yang baik.

Tips mengelola keuangan usaha kecil

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai pemilik usaha kecil untuk tetap di atas keuangan Anda.

1. Bayar sendiri.

Jika Anda menjalankan bisnis kecil, akan mudah untuk mencoba dan memasukkan semuanya ke dalam operasi sehari-hari. Lagi pula, modal ekstra itu sering kali dapat membantu bisnis Anda berkembang. Alexander Lowry, seorang profesor dan direktur master ilmu dalam program analisis keuangan di  Gordon College , mengatakan pemilik usaha kecil tidak boleh mengabaikan peran mereka sendiri di perusahaan dan harus memberikan kompensasi yang sesuai. Anda ingin memastikan bahwa bisnis dan keuangan pribadi Anda dalam kondisi yang baik.

“Banyak pemilik UKM, terutama di awal, lalai membayar sendiri,” katanya. “Mereka [percaya] lebih penting untuk menjalankan bisnis dan membayar orang lain. Tapi, jika bisnis tidak berhasil, Anda tidak akan pernah membayar diri sendiri. Ingat, Anda adalah bagian dari bisnis dan Anda perlu memberi kompensasi kepada diri sendiri sebanyak Anda membayar orang lain.

2. Berinvestasi dalam pertumbuhan.

Selain membayar diri sendiri, penting untuk menyisihkan uang dan melihat peluang pertumbuhan. Ini dapat memungkinkan bisnis Anda berkembang dan bergerak ke arah keuangan yang sehat. Edgar Collado, chief financial officer  Tobias Financial Advisors , mengatakan pemilik bisnis harus selalu memperhatikan masa depan.

3. Jangan takut pinjaman.

Pinjaman bisa menakutkan. Mereka dapat menyebabkan kekhawatiran tentang dampak keuangan yang menyertai kegagalan. Namun, tanpa masuknya modal yang Anda peroleh dari pinjaman , Anda mungkin menghadapi tantangan besar saat mencoba membeli peralatan atau mengembangkan tim Anda. Anda juga dapat menggunakan hasil pinjaman untuk meningkatkan arus kas Anda dan dengan demikian menghadapi lebih sedikit masalah dalam membayar karyawan dan pemasok tepat waktu.

4. Pertahankan kredit bisnis yang baik.

Seiring pertumbuhan perusahaan Anda, Anda mungkin ingin membeli lebih banyak real estat komersial, memperoleh polis asuransi tambahan, dan mengambil lebih banyak pinjaman untuk memfasilitasi semua pengejaran ini. Dengan kredit bisnis yang buruk, mendapatkan persetujuan untuk semua transaksi dan akuisisi ini bisa lebih sulit. Untuk menjaga kredit yang baik, lunasi semua pendanaan utang Anda sesegera mungkin. Misalnya, jangan biarkan kartu kredit bisnis Anda memiliki saldo lebih dari beberapa minggu. Demikian juga, jangan mengambil pinjaman dengan suku bunga yang tidak mampu Anda bayar. Hanya cari dana yang dapat Anda bayar kembali dengan cepat dan mudah.

5. Memiliki strategi penagihan yang baik.

Setiap pemilik bisnis memiliki klien yang selalu terlambat dalam faktur dan pembayarannya. Mengelola keuangan usaha kecil juga berarti mengelola arus kas untuk memastikan bisnis Anda beroperasi pada tingkat yang sehat setiap hari. Jika Anda kesulitan menagih dari pelanggan atau klien tertentu, mungkin inilah saatnya untuk berkreasi dengan cara Anda menagih mereka.

6. Menyebarkan pembayaran pajak.

Jika Anda kesulitan menabung untuk perkiraan pembayaran pajak triwulanan Anda, buatlah pembayaran bulanan sebagai gantinya, kata Michele Etzel, pemilik Bayside Accounting Services. Dengan begitu, Anda dapat memperlakukan pembayaran pajak seperti biaya operasional bulanan lainnya.

7. Pantau pembukuan Anda.

Ini adalah praktik yang jelas, tetapi sangat penting. Lakukan yang terbaik untuk menyisihkan waktu setiap hari atau bulan untuk meninjau dan memantau buku Anda, bahkan jika Anda bekerja dengan pemegang buku. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih akrab dengan keuangan bisnis Anda, tetapi juga memberi Anda jendela ke potensi kejahatan keuangan.

8. Fokus pada pengeluaran tetapi juga ROI.

Mengukur pengeluaran dan laba atas investasi dapat memberi Anda gambaran yang jelas tentang investasi apa yang masuk akal dan mana yang mungkin tidak layak untuk dilanjutkan. Deborah Sweeney, CEO  MyCorporation , mengatakan pemilik usaha kecil harus waspada di mana mereka menghabiskan uang mereka.

“Fokus pada ROI yang datang dengan setiap pengeluaran Anda,” katanya. “Tidak melakukan ini berarti Anda dapat kehilangan uang pada taruhan pengeluaran yang tidak relevan atau buruk. Ketahui di mana Anda menghabiskan uang hasil jerih payah Anda dan bagaimana investasi itu membuahkan hasil. Jika tidak membuahkan hasil, kurangi dan belanjakan lebih banyak untuk inisiatif yang berhasil untuk Anda dan bisnis Anda.”

9. Mengatur kebiasaan keuangan yang baik.

Menetapkan protokol keuangan internal, meskipun sesederhana mendedikasikan waktu yang ditetapkan untuk meninjau dan memperbarui informasi keuangan, dapat sangat membantu dalam melindungi kesehatan keuangan bisnis Anda. Menjaga keuangan Anda dapat membantu Anda mengurangi penipuan atau risiko.

“Sebagai usaha kecil, kami sering kekurangan waktu, uang, dan memiliki kemampuan teknologi yang jauh lebih rendah, tetapi hal itu seharusnya tidak menghalangi pemilik usaha kecil mana pun untuk menerapkan semacam pengendalian internal,” kata Collado. “Ini sangat penting jika Anda memiliki karyawan. Kontrol internal yang lemah dapat menyebabkan penipuan atau pencurian karyawan, dan berpotensi membawa Anda ke masalah hukum jika Anda atau karyawan tidak mematuhi undang-undang tertentu.”

10. Rencanakan ke depan.

Akan selalu ada masalah bisnis yang perlu ditangani hari ini, tetapi ketika menyangkut keuangan Anda, Anda perlu merencanakan masa depan.

Jenis keuangan bisnis

Penting untuk diingat bahwa keuangan bisnis bukan hanya tentang penghasilan Anda – tetapi tentang bagaimana Anda membelanjakan uang Anda dan dari mana Anda mendapatkannya. Ketika datang ke mana Anda mendapatkan dana Anda, Anda harus memahami dua kategori pendanaan utama:

Pendanaan hutang

Pendanaan hutang adalah pinjaman yang dilunasi perusahaan Anda dengan bunga tambahan. Melalui pembiayaan utang, Anda dapat dengan cepat mengakses modal yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Pinjaman bank, pinjaman pemerintah, penarikan tunai pedagang, jalur kredit bisnis, dan kartu kredit bisnis adalah semua bentuk pembiayaan utang, yang harus Anda bayar kembali bahkan jika perusahaan Anda gagal.

Pendanaan ekuitas

Pendanaan ekuitas, tidak seperti pendanaan utang, tidak memerlukan pembayaran kembali jika bisnis Anda gagal. Namun, Anda mungkin harus memberi penyandang dana Anda kursi di meja pengambilan keputusan. Kapitalis ventura, investor malaikat, dan crowdfunding ekuitas adalah semua bentuk pendanaan ekuitas.

Jika Anda membutuhkan apilkasi kasir bisa downoad aplikasi kasir disini

Kunjungi Instagam dan Facebook Yapos untuk mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis.

Leave a Reply

Aplikasi Kasir Yapos

Yapos aplikasi kasir android yang dapat membantu memudahkan pencatatan usaha Anda

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya