Cara mengelola keuangan Usaha UMKM

Cara mengelola keuangan usaha UMKM

Cara mengelola keuangan usaha UMKM – Apakah ada di antara kalian yang sedang memulai bisnis kecil? Mungkin salah satu tantangan yang kalian hadapi di awal tidak hanya terkait dengan modal, tetapi juga mengenai bagaimana mengelola keuangan bisnis agar berjalan dengan lancar.

Sebenarnya terdapat beberapa strategi mengelola keuangan bisnis yang dapat kalian coba terapkan.


Mulai memisahkan antara akun pribadi dan bisnis

Hal pertama dan yang sangat penting dalam cara mengelola keuangan bisnis yang benar adalah dengan memisahkan antara akun pribadi dan akun bisnis kalian. Dengan menerapkan langkah ini, kalian akan lebih mudah melacak arus kas bisnis yang sedang berjalan.

Dengan cara ini, kalian juga akan mengetahui dengan jelas mana pemasukan atau pengeluaran yang terkait dengan urusan pribadi dan mana yang tidak. Secara teori, melakukan pemisahan antara akun pribadi dan bisnis ini merupakan salah satu dari sepuluh prinsip dasar akuntansi.

Mulai melacak pinjaman pribadi yang digunakan untuk bisnis

Jika kalian telah memisahkan dana pribadi dan dana bisnis, langkah selanjutnya dalam mengelola keuangan bisnis adalah melacak pinjaman pribadi yang kalian gunakan untuk pengembangan bisnis.

Tujuannya adalah agar uang pribadi yang tanpa sengaja tercampur dengan bisnis memiliki catatan yang jelas dan tidak menyulitkan kalian di kemudian hari.

Membayar tagihan terlebih dahulu

Saat kalian memulai bisnis, pasti ada tagihan yang harus dibayarkan. Tetapi tagihan tersebut tidak berarti keuntungan bisnis kalian berkurang. Jika tagihan tersebut untuk keperluan operasional bisnis, maka tagihan tersebut adalah alasan mengapa bisnis kalian masih berjalan hingga saat ini

Jika kalian telah menerima tagihan harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan, sebaiknya kalian membayar tagihan tersebut terlebih dahulu. Cara mengelola keuangan bisnis ini sangat penting agar kalian tidak lupa membayar tagihan yang kemudian menumpuk dan semakin sulit untuk dibayarkan.

Melacak detail semua biaya operasional bisnis

Salah satu strategi mengelola keuangan bisnis selanjutnya adalah melacak semua biaya yang dikeluarkan untuk operasional bisnis. Hal ini bertujuan agar kalian dapat melakukan pencatatan yang akurat.

Kalian harus ingat bahwa semua bukti pembayaran dan pengeluaran yang terkait dengan bisnis harus disimpan dengan baik. Untuk mempermudah pencatatan dan perekaman bukti pembayaran dan penerimaan dalam bisnis, kalian dapat menggunakan berbagai aplikasi akuntansi gratis yang tersedia di internet.

Mengurangi biaya perjalanan

Biaya perjalanan sering kali tidak termasuk dalam perhitungan operasional bisnis. Padahal, salah satu cara mengelola keuangan bisnis adalah dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara rinci, termasuk biaya perjalanan.

Meskipun perjalanan terkait dengan operasional bisnis tidak sering dilakukan, mungkin hanya dua kali sebulan atau bahkan enam kali setahun, biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan harus dicatat dengan baik. Dari sini, kalian akan melihat bahwa biaya perjalanan juga berpengaruh terhadap keuntungan bisnis.

Perlu diingat bahwa melakukan perjalanan bisnis ke kota lain bukanlah hal yang salah. Namun, untuk mengurangi pengeluaran, sebaiknya perjalanan bisnis dilakukan sehemat mungkin. Jika kalian harus bertemu dengan pebisnis lain atau klien, kalian dapat mengandalkan alat komunikasi online seperti Google Meet, Skype, dan Zoom. Terutama di masa pandemi seperti saat ini, sebaiknya perjalanan bisnis dikurangi.

Jangan lupa menyisihkan dana darurat

Dalam bisnis, seperti halnya dalam keuangan pribadi, penting untuk memiliki dana darurat. Dana darurat ini akan membantu jika terjadi situasi yang tidak diinginkan. Hal yang sama berlaku dalam bisnis.

Dengan menyediakan dana darurat, jika terjadi hal-hal darurat yang mempengaruhi bisnis, bisnis tersebut tetap dapat berjalan normal.

Cara mengelola keuangan bisnis ini dilakukan dengan menyisihkan sebagian pendapatan bisnis. Jangan menggunakan dana tersebut untuk keperluan lain kecuali jika benar-benar mendesak.

Itulah beberapa cara mengelola keuangan bisnis agar bisnis kalian dapat berjalan dengan lancar. Jika kalian memiliki bisnis dan membutuhkan aplikasi untuk pengelolaan dan laporan keuangan, Yapos siap membantu

Kalian hanya fokus berjualan, sementara urusan stok, keuangan, laporan penjualan dan laba rugi, akuntansi dan lain lain biar Yapos yang atur.

Leave a Reply

Aplikasi Bisnis Yapos

Yapos Aplikasi Penunjang Bisnis yang terintegrasi dengan koneksi internet sehingga memudahkan bisnis Anda.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel lainnya

tiktok untuk bisnis
Teknologi
Yapos

Fitur Tiktok untuk Bisnis

Fitur Tiktok untuk Bisnis – Halo yapos, selamat datang di aplikasi kasir yapos, Ingin tahu bagaimana cara menggunakan TikTok untuk bisnis Anda? Mencari kiat untuk meningkatkan

Read More »